Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Duta, JK Kunjungi Komodo

Kompas.com - 04/10/2011, 11:16 WIB
Ichwan Susanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah ditunjuk menjadi duta pendukung pemenangan Komodo dalam Kontes 7 Keajaiban Dunia, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Selasa (4/10/2011), mengunjungi Pulau Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Ia ingin menyimak lebih dekat fauna purba yang cuma ada di NTT itu.

"Kita pasti bisa (menang). Kita bangsa yang besar dan luar biasa. Kalau sama-sama kita dukung pasti menang," ucapnya saat bersiap berangkat menggunakan pesawat sewa dari Pelabuhan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Dalam rombongan tampak pengusaha Sofjan Wanandi juga ikut menuju ke pesawat tersendiri. Sementara, rombongan wartawan digabung dalam satu pesawat. Ini merupakan bagian dari kampanye pemenangan New 7 Wonders yang masih mengundang kontroversi.

Singkat cerita, Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan menarik diri dari kontes ini karena diminta membayar sekitar Rp 450 miliar dalam ajang final. Namun, reaksi keras muncul dari beberapa kalangan dan meminta Komodo tetap dipromosikan dalam 7 Keajaiban Dunia.

Saat pertama masuk, Komodo bersama 27 tempat yang diklaim sebagai keajaiban dunia mengalahkan ratusan peserta lain. Agar Komodo masuk dalam 7 besar, Dibutuhkan 120 juta suara dalam pemilihan yang diberi batas waktu hingga 11 November 2011.

Penunjukan JK sebagai duta komodo sebagai bagian dari pemenangan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com