Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Lombok, Pulau Seribu Mutiara

Kompas.com - 05/10/2011, 18:34 WIB

KOMPAS.com - Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, adalah pulau dengan seribu mutiara. Di mana-mana banyak penjual perhiasan mutiara. Mulai dari lobi hotel, kaki lima, daerah wisata, sampai tiap-tiap sudut kota, penjual mutiara selalu ada.

Walau begitu, harga mutiara air laut tetap mahal. Harga per gram yang berwarna putih mulai sekitar Rp 250.000 dan yang berwarna coklat paling mahal sekitar Rp 350.000. Jadi satu butir mutiara warna coklat yang beratnya lima  gram saja bisa seharga Rp 1.750.000.   Mutiara laut dijual dengan harga per gram hanya di toko-toko mutiara yang besar saja di seputaran kota Mataram. Harga mutiara air laut per gram nya tergantung ukuran berat. Mulai  Rp 250.000 sampai Rp 500.000 per gramnya tergantung besar kecilnya.

Semakin besar butiran mutiara air lautnya, misalnya seberat lima gram, bertambah mahal harga per gramnya, bisa sekitar Rp 500.000 per gram. Totalnya bisa menjadi Rp 2,5 juta untuk satu butir mutiara.

Mutiara yang bagus berwarna putih dan coklat adalah yang terlihat bening, mulus dan cenderung berbentuk bulat. Ada juga yang bentuknya bulat dan terdapat tonjolan-tonjolan kecil karena bentuk mutiara air laut alami tidak bisa dibentuk di dalam kerang.

Tetapi mutiara air tawar harganya sangat murah. Bentuknya sebagian besar lonjong seperti telur burung merpati. Warna mutiara air tawar ada yang berwarna pink dan putih.

Mutiara air tawar yang sudah diikat di cincin, anting, dan kalung yang  memakai lapisan perak hanya seharga Rp 10.000-Rp 20.000 per buah. Tetapi penjual mutiara yang mangkal di daerah wisata di sana membuka harga dengan harga tiga kali lipat dari harga sebenarnya. Anda harus berani menawar harga sepertiganya.

Penjual emas di kota Mataram menjual mutiara lengkap dengan cincin, kalung, anting yang sudah jadi diikat dengan mutiara. Pembeli bisa memilih macam-macam perhiasan emas dengan harga Rp 475.000 per gram.

Sedangkan harga mutiara yang diikat di perhiasan dihitung terpisah tergantung berat mutiara yang dipilih. Jadi bila Anda membeli cincin emas dua gram Rp 475.000 per gram, berarti total Rp 950.000.  

Mutara putih yang dibeli seberat 2 gram dengan harga Rp 200.000 per gram, maka total harganya Rp 400.000. Jadi total harga cincin yang harus dibayar sebesar Rp 1.350.000 untuk cincin emas dua gram dan mutiara dua gram sebagai pengikatnya.

Daerah penjual emas dan mutiara yang paling terkenal di Mataram adalah daerah Sekarbela. Di sepanjang Jalan Sultan Kaharudin ini penjual toko emas dan mutiara berjejer di kiri kanan sepanjang jalan.

Sedangkan daerah penghasil mutiara di Pulau Lombok adalah Pantai Sekotong, Lombok Barat. Bisa ditempuh dengan mobil satu setengah jam dari kota Mataram. Di sana wisatawan bisa melihat proses budidaya mutiara laut. Wisatawan bisa melihat kerang mutiara disuntik agar terbentuk mutiara air laut yang besar (Asita DK Suryanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com