Rendang Padang

Kompas.com - 07/10/2011, 04:28 WIB
Editor

Kecintaan ahli kuliner William Wirjaatmadja Wongso (64) kepada masakan Indonesia luar biasa. Saat rendang menjadi makanan terenak dari daftar 50 makanan terenak di dunia versi CNNGo, ia mengingatkan khalayak. ”Jangan salah ya, semestinya namanya bukan rendang, tetapi rendang Padang, West Sumatera caramelized curry. Harus pakai Padang sebab ada rendang Malaysia dan negara lain,” kata William di sela pembukaan Korea-Indonesia Week, akhir pekan lalu, di Jakarta.

Bangsa Indonesia, menurut dia, sangat kaya makanan lezat, tetapi sayang promosinya amat kurang. Masih soal rendang, William menyambut baik rencana Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengadakan acara semacam festival rendang. Namun, ia menolak usulan penyeragaman bumbu. ”Di Sumatera Barat, bumbu rendang setiap kabupaten beda. Biarkan saja. Justru keadaan itu cermin kekayaan bangsa kita,” kata lelaki asal Malang, Jawa Timur, yang tetap bugar itu.

Di benak William tersimpan banyak ide dan harapan masakan Indonesia makin berkibar. ”Aku iri dengan Korea yang untuk kuliner mereka punya profesornya,” tuturnya. Dia menunjuk ke Prof Han Bok Jin, ahli kuliner Korea yang hadir di acara Korea-Indonesia Week untuk promosi masakan Korea dan mengenal masakan Indonesia. (TRI)

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X