Wah... Ada Festival Rendang!

Kompas.com - 16/10/2011, 12:37 WIB
Editorkadek

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar festival rendang sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan makanan khas Ranah Minang tersebut kepada masyarakat.

Hal ini dalam rangka menindaklanjuti ditetapkannya rendang Padang sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN dan agar keberadaannya lebih dikenal luas.

"Pemprov Sumbar akan menggelar festival rendang pada akhir 2011", kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Bukittinggi, Sabtu (15/10/2011).

Ia mengatakan festival tersebut diadakan agar masyarakat Sumbar yang selama ini sudah terbiasa dengan makanan tersebut dapat menyadari bahwa kuliner khas Minangkabau itu mendapat tempat di hati masyarakat dunia.

Menurutnya, nanti akan ada perlombaan bagaimana memasak rendang yang lezat. Selain itu, tambahnya, akan dinilai pula bagaimana cara mengemasnya agar layak untuk diekspor.

Ia menuturkan bagi warga Sumbar, rendang merupakan makanan yang sudah biasa dikonsumsi. Padahal ternyata di luar negeri makanan dari daging sapi yang dimasak dengan santan itu sangat digandrungi.

Irwan juga menambahkan bahwa penetapan rendang sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN merupakan anugerah bagi Sumbar. Dengan demikian, lanjutnya, hal itu merupakan promosi gratis Ranah Minang kepada masyarakat di seluruh dunia.

Ia menceritakan, Malaysia untuk memperkenalkan pariwisata mereka kepada dunia menghabiskan biaya hingga Rp  500 miliar dengan memasang promosi di stasiun televisi CNN. Sementara itu, tutur Irwan, Indonesia menghabiskan dana sekitar Rp120 miliar untuk mempromosikan wisata di Tanah Air melalui saluran televisi yang sama.

Namun di luar dugaan, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun CNN berdasarkan surveinya mengumumkan rendang Padang sebagai makanan terlezat di dunia. Oleh karena itu, Irwan mengatakan hal ini merupakan promosi gratis dan semua komponen masyarakat Sumbar dan jangan menyia-nyiakan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X