Penghargaan dari Michelle Obama untuk Suara Remaja - Kompas.com

Penghargaan dari Michelle Obama untuk Suara Remaja

Kompas.com - 04/11/2011, 02:19 WIB

Kamis, Washington - D.CMuchamad Fajar Ismail (18), remaja asal Yogyakarta yang mewakili Yayasan Kampung Halaman, menerima penghargaan 2011 National Arts and Humanities Youth Program: International Spotlight Award. Penghargaan tersebut diberikan oleh Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama di Gedung Putih, AS, Rabu (2/11) malam waktu setempat.

Organisasi nirlaba yang berlokasi di Yogyakarta itu menerima penghargaan tertinggi di AS pada bidang seni dan kemanusiaan karena dinilai efektif mengembangkan proses pembelajaran, serta memberikan keterampilan hidup bagi remaja sejak tahun 2006.

Fajar selama ini aktif dalam program Youth and Traditional Art. Ia menggunakan video yang diintegrasikan dengan wayang tradisional untuk mengungkapkan pandangan-pandangan remaja dan komunitasnya terhadap persoalan yang tengah dihadapi. ”Pengalaman dan kesempatan mewakili teman-teman remaja untuk menerima penghargaan Ibu Negara AS di Gedung Putih ini tidak akan pernah saya lupakan,” kata Fajar.

Melalui program-program kreatif yang menggunakan media audio visual dan menghasilkan karya berbentuk video diary, Fajar semakin menyadari potensi diri dan komunitasnya.

Bagi pendiri dan Ketua Yayasan Kampung Halaman, Dian Herdiany, penghargaan ini merupakan pengakuan dunia untuk suara remaja, khususnya di Indonesia yang berjumlah sekitar 40 juta jiwa.

Kampung Halaman merupakan satu-satunya penerima penghargaan ini yang berasal dari luar AS. Penerima lainnya adalah 12 organisasi dengan program remaja yang semuanya berada di AS. (*/LUK)


Editor

Close Ads X