Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stage Sidan Gianyar Kembali Diramaikan Turis

Kompas.com - 08/11/2011, 17:22 WIB

GIANYAR, KOMPAS.com - Wisatawan asal Amerika Serikat yang menumpang kapal pesiar memadati panggung kesenian di Desa Sidan, Kabupaten Gianyar, Bali.

"Hal ini merupakan terobosan kami untuk menghidupkan kembali nuansa ’Stage Sidan’ yang terkesan mangkrak," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar Anak Agung Brahmanta, Selasa (8/11/2011).   Kedatangan wisatawan AS itu merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar dengan "Brave Travel Agent". Wisatawan itu turun dari kapal pesiar di Pelabuhan Tanah Ampo, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Kemudian mereka diarahkan untuk menonton pertunjukan tari Barong dan tari Rangda di Stage Sidan. Kedatangan ratusan wisatawan asing itu sangat membantu mempromosikan Stage Sidan yang selama ini terkesan tidak terurus.

"Minimnya wisatawan asing yang memanfaatkan panggung yang berlokasi di dekat persawahan itu, tidak bisa dimungkiri, kalau panggung itu kesannya mangkrak," kata Brahmanta.

Ia juga berharap bahwa Stage Sidan itu bisa berfungsi secara maksimal untuk memeratakan pembangunan pariwisata di Kabupaten Gianyar. Kunjungan itu akan dilakukan setiap kapal pesiar sandar di pelabuhan terbesar di Indonesia, yang berada di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Saat ini, disamping menggalakkan promosi, pihaknya juga melakukan perbaikan panggung yang mengalami kerusakan.

"Anggaran sudah kami ajukan dan disetujui Rp200 juta. Mudah-mudahan tahun depan panggung itu bisa diperbaiki dari segala kerusakan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com