Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Gastronomi Bersama Guest Chef

Kompas.com - 11/11/2011, 21:53 WIB

KOMPAS.com - Sudah menjadi tradisi bagi hotel-hotel berbintang terutama di Jakarta untuk menampilkan guest chef alias koki tamu sebagai promo restoran andalan masing-masing hotel. Koki tamu yang beraksi pun tak sembarang koki. Melainkan koki yang berpengalaman malang melintang di dunia kuliner dan fine dining di berbagai belahan dunia.

Selain itu, koki tamu pun haruslah koki yang pernah memenangkan penghargaan bergengsi tingkat internasional. Sebagian besar koki tamu yang pernah datang ke Jakarta memiliki restoran sendiri yaitu restoran fine dining yang mendapatkan berbagai review baik dari media-media top dunia.

Biasanya, menu yang ditampilkan berupa set course menu atau paket menu lengkap, mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, sampai hidangan penutup. Harga paket ini memang tak tergolong murah. Namun, kalangan menengah ke atas tampaknya menggemari untuk merasakan pengalaman gastronomi dari para koki-koki tamu tersebut.

Nah tak ada salahnya, sesekali Anda memanjakan lidah dan menikmati sensasi kuliner yang berbeda dengan guest chef yang hadir di Jakarta. Di akhir tahun ini, beberapa hotel sudah mempersiapkan promo guest chef andalan mereka.

Kuliner paduan Mediterania dan Asia akan ditampilkan Chef Jerome Laurent, seorang Michelin Chef dari Arles, sebuah kota di Perancis. Ia hadir di Lyon Restaurant, Mandarin Oriental Hotel Jakarta pada 10-12 November 2011. Jerome mendapatkan bintang Michelin, peringkat bergengsi yang menilai restoran-restoran fine dining di dunia, pada tahun 2007. Restoran miliknya, "Le Cilantro" yang berada di Perancis telah mendapatkan pujian dari media seperti The New York Times.

Menu yang akan dihidangkan Jerome antara lain “Wagyu Beef with Aromatics and Purple Potato Purée, Syrah Wine Jus” dan “Roasted Lobster with Mauve Flower-Flavored Broth, Salicorne Seaweed and Celery-Braised Quinoa”. Tak teringgal hidangan pembuka dan juga hidangan penutup seperti “Chocolate and Peanut Millefeuille with Sweet Pepper Ice-Cream”. Harga paket menu ditawarkan mulai dari Rp. 580.000 (++).

Sementara itu, Pacific Restaurant & Lounge di The Ritz-Carlton Hotel, Pacific Place Jakarta, akan "bermain-main" dengan white truffle langka. Sebagai pengolah white truffle adalah Chef Angelo Sabatelli yang pernah bekerja pada beberapa hotel bintang lima di beberapa negara mulai dari Italia, Roma, Jakarta, Hong Kong, Shanghai dan Mauritius.

Ia pun kembali ke kampung halaman dan bergabung dengan restoran Masseria Spina sebagai chef kepala dan menjadi salah satu pemilik. Restoran ini terletak di pedesaan Monopoli, di jantung Terra di Barri menghadap ke Laut Adriatik. Restoran Masseria Spina akan mendapatkan gelar "Michelin 1 Star" yang diumumkan pada bulan November 2011.

White Truffle atau Alba Truffle adalah sejenis jamur yang berasal dari region Piedmont di bagian utara Italia. Terkenal dengan aroma, rasa dan kualitas yang unggul, jamur white truffle ini sulit untuk ditemukan. Biasanya pemburu jamur truffle menggunakan anjing yang sudah dilatih untuk mencium baunya untuk mencari jamur-jamur yang biasanya tertimbun di dekat akar pohon. Kesempatan mencicipi white truffle karya Angelo hanya bisa satu hari saja di Kamis, 17 November 2011. Harga paket menu mulai dari Rp. 888.000.

Sedangkan, bagi Anda pecinta kuliner Perancis, dapat mampir ke restoran Orient8 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Restoran ini akan menghadirkan Chef Jacques Pourcel, koki Perancis yang mendapatkan predikat "Michelin 3  Star". Jacques bersama Chef Laurent Pourcel, saudara laki-laki kembar identiknya serta rekanan mereka, telah sukses mengembangkan beberapa restoran terkenal di kota-kota besar di dunia, seperti Maison Blanche di Perancis, Sense & Saveurs di Tokyo, dan lain-lain.

Chef Jacques akan menyajikan set menu makan siang dan makan malam pada 25-26 November 2011. Konsep kuliner yang diusung adalah "La Compagnie des Comptoirs". Menu akan dihidangkan dengan wine yang telah diseleksi sebelumnya.

Kuliner Asia tak boleh terlewatkan. Signatures Restaurant dari Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, menyajikan kuliner Thailand pada 2-11 Desember 2011. Koki tamu didatangkan langsung dari Thailand yaitu berasal dari Siam Kempinski Hotel di Bangkok, Thailand.

Menu yang akan diolah merupakan kuliner khas Chinese Thai dan kuliner dari Thailand bagian utara. Acara kuliner ini dilaksanakan dalam rangka ulang tahun Raja Thailand, Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com