Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New7Wonders, "Voting" SMS Belum Dihitung

Kompas.com - 12/11/2011, 02:57 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Seperti yang telah diberitakan, Taman Nasional Komodo (TNK) akhirnya masuk dalam 7 Keajaiban Dunia kategori alam versi www.new7wonders.com.

Hasil ini diumumkan pada pukul 19.00 GMT, Jumat (11/11/2011) atau pukul 02.00 WIB pada Sabtu (12/11/2011). Sementara itu, pengumuman resmi baru akan dilakukan dalam sebuah upacara resmi pada awal tahun 2012

Seperti dikutip dari www.new7wonders.com, hasil penghitungan masih mungkin untuk berubah, sejalan dengan proses penghitungan dan validasi atas voting SMS yang dilakukan di tiap-tiap negara.

Hasil tersebut masih sementara karena berdasarkan penghitungan awal dari voting online yang masuk ke situs mereka sampai Jumat (11/11/2011) pada pukul 11.11 GMT atau sekitar pukul 18.11 WIB. Dengan demikian, ada kemungkinan perubahan daftar pemenang antara hasil sementara ini dan hasil nyata yang telah dikonfirmasi.

Menurut pihak New7Wonders, proses masih menunggu penghitungan dan verifikasi hasil voting SMS dari tiap-tiap negara. Hal ini membutuhkan beberapa minggu untuk mengumpulkan dan menggabungkan hasil voting SMS.

Finalis yang berhasil masuk sebagai 7 Keajaiban Dunia antara lain Amazon, Halong Bay, Iguazu Falls, Jeju Island, (Taman Nasional) Komodo, Puerto Pricesa Underground River, dan Table Mountain. 

Dalam situs tersebut juga disebutkan, sesuai pengalaman panitia saat menyelenggarakan 7 Keajaiban Dunia versi buatan manusia (man made) pada tahun 2007, diperlukan beberapa minggu untuk mendapatkan hasil akhir voting yang merupakan gabungan voting via online dan SMS.

"Kalkulasi voting saat ini tengah dicek, divalidasi, dan diverifikasi secara independen," demikian bunyi pengumuman di situs www.new7wonders.com.

Rencananya, pengumuman pemenang yang telah dikonfirmasi sesuai hasil akhir voting akan dilakukan pada awal tahun 2012. Pengumuman akan dilaksanakan pada saat acara inagurasi. Apakah di acara inagurasi, Taman Nasional Komodo akan tetap disebut sebagai 7 Keajaiban Dunia?

Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com