Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikhawatirkan, Derawan Bakal Jadi Milik Asing

Kompas.com - 14/11/2011, 09:30 WIB

TANJUNG REDEB, KOMPAS.com — Keberadaan Pulau Derawan di Kalimantan Timur dan pulau-pulau yang ada di sekitarnya patut diwaspadai bakal dimiliki oleh warga negara asing. Pasalnya, sejumlah warga negara asing telah menanamkan modalnya, terutama dalam bidang properti, untuk membangun sarana akomodasi serta resor-resor yang menunjang pariwisata di pulau-pulau tersebut.

Beberapa pulau yang awalnya tidak berpenghuni, seperti Nabuko atau Pabahanan, kini telah berdiri resor-resor megah yang kepemilikan dan pengelolaannya berada di bawah kendali warga negara asing.

Melihat feneomena itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaen Berau, H Saga—seperti diberitakan Tribun Kaltim kemarin, mengaku khawatir jika tidak ada regulasi yang jelas terkait status kepemilikan lahan di wilyah itu. Ia bahkan risau jika di kemudian hari pemilik dari resor-resor mengklaim bahwa pulau tersebut merupakan pulau pribadi yang kedaulatannya berada di luar NKRI.

Selama ini, menurut Saga, pemerintah kurang menerapkan aturan yang jelas tentang sistem jula beli kepemilikan tanah di pulau-pulau tersebut. Dengan demikian, yang terjadi adalah perpindahan tangan dari tanah berlangsung dari penduduk asli yang merupakan pemilik awal langsung kepada investor tanpa melibatkan pemerintah.

Menurutnya, dahulu sempat ada usulan untuk pemerintah agar membuat aturan soal kepemilikan ini. Usulnya agar sebelum memulai proses pembangunan resor, investor terlebih dahulu membuat kesepakatan dengan pemerintah daerah agar tidak muncul rasa bahwa mereka secara penuh memiliki pulau tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com