Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Mangkuk Hijau, Keindahan Terasing di Balik Tebing

Kompas.com - 14/11/2011, 16:17 WIB

KOMPAS.com - Sebuah keindahan lanskap pantai terselubung dan terasing di balik bukit dan rimbunya pepohonan. Untuk menuju ke tempat ini Anda harus menuruni ratusan anak tangga hingga akhirnya terhidanglah bentang alam yang menakjubkan.

Bila tujuan Anda ke Bali sekedar mengunjungi keindahan Pantai Kuta, Pantai Sanur, atau Pantai Nusa Dua maka keindahan pantai yang satu ini pasti akan memberikan kesan yang lebih mendalam. Itu karena setiap sudutnya begitu indah dan memesona.

Keindahan alam pantainya berbeda karena berpadu dengan ketenangan suasana yang ditawarkan sehingga membuat jatuh hati siapapun yang mengunjunginya. Peselancar asing menamakannya Pantai Green Bowl, Pantai Bali Cliff, atau kadang pula menyebutnya Hidden Beach. Apapun namanya yang pasti keindahannya begitu menawan hati.

Disebut Green Bowl atau mangkuk hijau karena setiap air laut surut maka akan membentuk mangkuk dari karang-karang yang berwarna hijau saat Anda lihat dari atas bukit. Ada pula yang menyebut Pantai Green Bowl karena dulu ada perusahaan yang bernama PT. Green Bowl yang berencana membangun resor di dekat pantai ini.

Sementara sebutan Bali Cliff  berasal dari nama sebuah hotel yaitu Bali Cliff yang berada tepat di atas tebing pantai ini. Sedangkan, nama Hidden Beach menggambarkan lokasi pantai ini yang memang tersembunyi di balik tebing tinggi dan semenanjung bukit.

Dari tiga nama di atas yang paling populer adalah nama Pantai Green Bowl, terutama di kalangan peselancar mancanegara. Sebuah penamaan yang terdengar indah dan lebih komersil.

Pantai Green Bowl serupa kondisinya dengan Pantai Karma Kandara dan Pantai Nyang Nyang. Ketiganya berada di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini menawarkan kepada Anda sesuatu tempat yang berbeda dengan suasana pantai yang sepi dan alami. Di sinilah liburan Anda akan lebih berkesan dan terasa eksklusif.

Letaknya tersembunyi di balik tebing, memiliki pasir yang putih bersih dengan air laut sebening kristal berwarna hijau kebiruan. Tidak banyak pengunjung yang datang ke sini, hanya para peselancar umumnya yang mengenal tempat ini.

Anda akan dapati mereka datang bergerombol memangku papan selancar untuk menuruni ratusan anak tangga yang di sekililingnya adalah pepohonan dan sesekali muncul kera. Untuk mencapai bibir pantainya, Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam.

Meski pantai ini belum ada di guide book wisata ataupun paket perjalanan. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena pantai ini letaknya tidak jauh dari Denpasar ataupun Kuta. Ketiganya berada di Semenanjung Bukit, di antara Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana dan Pura Uluwatu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com