Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Bisa Lihat Pasar Terapung di Sore Hari

Kompas.com - 14/11/2011, 18:52 WIB
Editorkadek

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar festival pasar terapung yang bakal diikuti sekitar 75 orang pedagang pasar yang menjadi ikon wisata daerah ini. Festival Pasar Terapung tersebut kini telah menjadi kalender wisata nasional.

"Karena telah menjadi kalender nasional maka pelaksanaan festival tersebut mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat baik promosi maupun pendanaannya," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalsel Mohandas Hendro Hendrawan, di Banjarmasin Senin (14/11/2011).

Menurut Mohandas, Festival Pasar Terapung sebagai salah satu upaya mempromosikan sejumlah lokasi wisata dan budaya Kalsel tersebut digelar pada 24-26 November 2011. Dalam kegiatan tersebut, pasar terapung yang biasanya hanya bisa dinikmati di Sungai Barito kini akan dipindahkan ke Sungai Martapura.

Bila pada hari biasa, untuk bisa menikmati pasar terapung wisatawan harus rela bangun sebelum pukul 4.00 dini hari dan harus mampu menembus dinginnya udara pagi dengan mengendarai kapal kayu atau kelotok ke Muara Kuin Sungai Barito. Pada festival nanti bisa menikmati pada sore hari di pinggiran sungai Martapura.

"Selama tiga hari berturut-turut para pedagang kita sewa untuk tampil di sungai Martapura dengan diberikan biaya transport Rp 100.000 per hari," katanya.

Dana tersebut, kata dia, sebagai pengganti keuntungan para pedagang yang tidak sempat berjualan di pasar terapung selama mereka mengikuti festival. Sayangnya, kata dia, karena dana yang cukup terbatas, pedagang pasar terapung yang bisa diikutkan dalam festivalpun juga cukup terbatas, tidak sebanyak bila wisatawan mengunjungi langsung ke obyek wisata andalan Kalsel tersebut.

"Sebenarnya cukup banyak pedagang yang ingin ikut festival, namun terpaksa kita batasi karena dana yang cukup minim," katanya.

Pada festival tersebut, katanya, juga akan lomba jukung hias yang bakal diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari sejumlah daerah di Kalsel. Mohandas memastikan, kegiatan yang telah menjadi kalender tahunan tersebut akan jauh lebih menarik dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena berbagai persiapan telah dilakukan dengan cukup matang.     

"Saya harapkan kegiatan festival budaya pasar terapung kali ini bisa meningkatkan kunjungan wisnus dan wisman sekitar 10 persen dari tahun 2010 lalu ke daerah ini," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+