Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Berwisata

Kompas.com - 14/11/2011, 21:55 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com - Berencana untuk melakukan perjalanan wisata namun Anda memiliki hewan peliharaan kesayangan? Anda perlu mempertimbangkan apa yang harus Anda lakukan terhadap hewan peliharaan Anda ketika Anda berwisata.

Pertama, mintalah seseorang untuk memeriksa hewan peliharaan Anda selama Anda berpergian. Misalnya tetangga, teman, atau anggota keluarga Informasikan kepada mereka kebutuhan khusus hewan peliharaan Anda. Terbukalah pada mereka mengenai berapa lama Anda akan pergi, ke mana saja, dengan siapa, dan nomor yang bisa dihubungi.

Kedua, siapkan rumah Anda dengan baik saat Anda meninggalkan hewan peliharaan Anda di dalam rumah. Pastikan bahwa hewan peliharaan Anda memiliki tempat tidur yang baik dan cara hewan peliharaan Anda membuang kotorannya. Atur suhu ruangan senyaman mungkin.

Tempatkan semua persediaan untuk merawat hewan peliharaan Anda di satu tempat, jika Anda telah meminta seseorang untuk memeriksa hewan peliharaan Anda. Letakkan makanan, tali, catatan, dan persediaan lainnya tersebut di tempat yang terlihat. Simpan barang-barang penting atau berharga atau yang biasanya menarik perhatian hewan peliharaan Anda jauh dari jangkauan mereka. Ketiga, periksalah kondisi kesehatan hewan peliharaan Anda sebelum Anda berangkat untuk perjalanan wisata. Agar sepulangnya Anda dari berpergian, Anda dapat membedakan kesehatan hewan peliharaan Anda sebelum dan sesudah Anda berwisata. Keempat, jika hewan peliharaan Anda terlalu muda, tua, banyak bertingkah, atau tak ada orang yang bisa Anda titipkan, maka pilihan bisa jatuh pada tempat penitipan hewan. Kumpulkanlah semua barang yang diperlukan bagi hewan peliharaan Anda seperti makanan, mainan, tali, kandang, dan sebagainya.

Setelah Anda kembali dari berwisata, pastikan hewan kesayangan Anda dalam keadaan baik dan sehat. Terkadang hewan peliharaan bereaksi buruk terhadap Anda karena ditinggal majikan dalam waktu lama. Sehingga Anda harus memberikan perhatian ekstra pada beberapa hari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com