Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalsel Siapkan Festival Terapung

Kompas.com - 15/11/2011, 06:31 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com--Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiapkan aneka kue tradisional khas pada festival pasar terapung yang digelar 24-26 November 2011.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kalsel, Drs.H.Mohandas Hendro Hendrawan, di Banjarmasin Senin mengatakan,  dengan tersedianya aneka kue maka ajang itu menjadi "surga" bagi penikmat kue-kue tradisional tersebut.

Sebagai pendukung festival pasar terapung pihaknya juga menyiapkan festival kampung Banjar. Di Kampung Banjar itulah nantinya ditampilkan kue khas dari 13 kabupaten/Kota se-Kalsel, katanya.

Dengan demikian, kata dia, kue khas Banjar yang saat ini sudah sulit ditemukan pada hari-hari biasa, bahkan sudah hilang akan kembali ditampilkan  di acara tersebut.

Selain itu, juga akan ditampilkan kue khas Banjar yang selama ini wajib dihidangkan pada acara adat di Kalsel yaitu 41 macam kue tradisional.

Kue-kue tersebut, mulai dari kue cucur, kue apam, kue cincin, serabi, kue beras dan beberapa kue yang sebagian besar sudah tidak dikenali lagi oleh generasi muda.

"Di Kampung Banjar nanti akan menjadi "surga" bagi pecinta kue Banjar, mungkin tidak hanya 41 macam kue, tetapi ratusan jenis kue khas yang cukup lezat dan manis," katanya.

Dalam kampung Banjar itu terdapat 30 stand dari sejumlah daerah yang menampilkan tentang  industri pariwisata yang ada di Kalsel dengan tempat di Depan Korem 101 Antasari.

Selain kue, panitia juga menggelar olahraga tradisional yang hampir punah sebagai upaya mengenalkan kepada generasi muda terhadap olahraga tradisional yang ada di daerah ini.

Festival yang telah menjadi agenda tahunan Kementerian Pariwisata diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisata ke kota Seribu Sungai ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com