Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Jalan Menuju Singapura

Kompas.com - 15/11/2011, 16:32 WIB

KOMPAS.com - Singapura memang dekat dari Jakarta. Bahkan lebih dekat dibanding dari Jakarta ke Medan. Kedekatan lokasi dengan beberapa kota di Indonesia justru dapat dimanfaatkan untuk mencapai negara ini dari berbagai arah.   Ada tiga jalur utama ke Singapura. Antara lain melalui pelabuhan udara Changi, pelabuhan laut di Harbourfront atau Tanah Merah serta perbatasan darat di Woodlands & Tuas Link (berbatasan dengan Malaysia).

Perjalanan Udara Perjalanan melalui udara langsung ke Singapura memang praktis dan relatif lebih cepat. Hanya saja, kadang biaya yang dikeluarkan bisa jadi lebih besar. Sementara perjalanan melalui darat atau laut merupakan alternatif untuk menghemat biaya.

Biaya perjalanan perlu diatur sebaik mungkin, karena biaya penerbangan menghabiskan separuh anggaran perjalanan. Terutama jika yang bepergian lebih dari 3 orang.

Banyak maskapai besar penerbangan dunia singgah di Singapura, sebelum meneruskan perjalanan ke negara lain. Ada pula penerbangan regional yang khusus melayani rute Jakarta Singapura secara langsung.

Penerbangan saat ini diramaikan dengan maskapai budget airline atau penerbangan berbiaya rendah. Selain harga yang lebih murah dibanding penerbangan biasa, jenis penerbangan ini meniadakan layanan-layanan ekstra yang biasa dinikmati.

Layanan ekstra tersebut seperti penghilangan pemberian makanan dan/atau minuman selama penerbangan, pembatasan bagasi, variasi harga tiket untuk setiap seat, penggunaan terminal atau fasilitas yang berbeda sampai pemesanan melalui internet serta ketentuan lain yang mengikat dan ketat.

Harap diperhatikan bahwa tarif tiket yang sering diiklankan oleh maskapai penerbangan budget belum termasuk pajak dan biaya-biaya lain. Sebut saja eperti fuel surcharge atau biaya bahan bakar, airport tax, dan biaya administrasi.

Bandara Changi yang terkenal dengan kemegahannya saat ini telah dikembangkan menjadi 3 terminal yang beroperasi sejak  Januari 2008. Singapore Airlines (SQ) sebagai flag carrier menggunakan Terminal 2 dan 3.

Dua maskapai budget, yaitu Valuair dan Air Asia beroperasi di Terminal 1. Demikian pula dengan maskapai semi bujet seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Batavia Air dan lainnya. Sedangkan penerbangan bujet Tiger Airways beroperasi di Budget Terminal.

Tarif penerbangan langsung Jakarta ke Singapura bervariasi mulai dari ratusan hingga jutaan ribu rupiah, tergantung kelas dan waktu penerbangannya. Pada waktu-waktu tertentu, maskapai penerbangan ini menawarkan program promosi berupa potongan tarif yang cukup besar. Penerbangan bujet yang melayani rute langsung dari Jakarta atau sebaliknya di antaranya ValuAir/JetStar, Tiger Air dan AirAsia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com