Investor Pariwisata Rusia Jajaki NTB

Kompas.com - 15/11/2011, 16:37 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

MATARAM, KOMPAS.com -- Investor Rusia menjajaki investasi bidang pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Rombongan dari Rusia berjumlah 18 orang yang terdiri dari pebisnis, jurnalis, dan biro perjalanan, bertemu Kepala Bidang Penanaman Modal NTB, Bayu Windia, Selasa (15/11/2011) di Mataram.

"Kami menerima kedatangan mereka, berdialog sebentar, kemudian mereka turun ke lapangan," ungkap Bayu.

Dalam pembicaraan pendahuluan itu, kata Bayu, para pebisnis itu mengemukakan niatnya menanamkan modal di NTB, yang dianggap baru dibanding Bali dan Jakarta. Selama tiga hari ini, mereka melihat langsung dan menjajaki kemungkinan segmen usaha yang akan digarap, seperti potensi obyek wisata dan agroindustri di Pulau Lombok, seperti kawasan Pantai Kute (Lombok Tengah) dan Pantai Sekotong (Lombok Barat).

Menurut Bayu, para pebisnis itu menilai kawasan pantai dan panorama alam NTB memenuhi selera warga Rusia. Apalagi, bepergian keluar negeri bagi warga Rusia biasanya saat musim dingin dengan suhu mencapai 5 derajat Celcius. Musim bepergian mereka bersamaan waktunya dengan low season (Oktober-November) di Lombok.

Kepala Bandara Internasional Lombok Ketut Erdi Nuka menginformasikan kedatangan sekitar 300 wisatawan asal Rusia pada Rabu (16/11). Mereka menumpangi pesawat carter dari Rusia, kemudian ke Lombok setelah transit di Bangkok. Penerbangan ke Lombok menggunakan pesawat Boeing 767 200 Nord Wing Airline.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya NTB Lalu Gita Aryadi, kedatangan 300 pelancong asal Rusia itu, merupakan tahap pertama dari seluruhnya berjumlah 4.000 orang. Mereka akan mengunjungi Lombok secara bertahap hingga Mei 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.