Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uganda, Negara Paling Menarik Dikunjungi Tahun 2012

Kompas.com - 15/11/2011, 23:19 WIB
Pieter P Gero

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Situs panduan perjalanan terkenal, Lonely Planet, menetapkan Uganda, negara di belahan timur Afrika, sebagai negara dengan tujuan wisata paling menarik pada tahun 2012. Negara yang merupakan hulu dari Sungai Nil, sungai terpanjang di Afrika ini, tadinya ditinggalkan para turis dunia menyusul perang sipil. Namun kini, Uganda relatif stabil secara politik dengan kekayaan satwa liar yang menakjubkan dan pemandangan alam yang luar biasa.

Lonely Planet dalam buku panduan negara-negara yang menjadi tujuan wisata terbaik tahun 2012 menyebutkan, Uganda yang menjadi sumber mata air bagi Sungai Nil yang bermuara di Mesir ini dinilai para ahli sebagai sangat menarik dan menakjubkan. Pilihan para ahli ini berdasarkan topik pembicaraan, daya tarik, nilai perjalanan, dan faktor khusus lainnya.

Negara kedua yang dianjurkan untuk dikunjungi pada tahun 2012 adalah Myanmar. Negara yang masih dikuasai junta militer dan salah satu negara anggota ASEAN ini menarik karena dikelilingi pegunungan nan indah, pantai pasir putih, juga memiliki sejumlah kota kuno dengan banyak kuil pagoda yang menarik untuk dilihat.

Menyusul Myanmar, adalah Ukraina. Negara bekas pecahan Uni Soviet dengan ibu kota Kiev ini digambarkan penuh dengan satwa liar di Semanjung Krimea. Kiev juga kota tua yang megah untuk dinikmati. Terlebih lagi, Ukraina bakal menjadi tujuan wisata karena akan menjadi tuan rumah babak final kejuaraan sepak bola Eropa tahun 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com