Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Rusia Ramaikan Lombok

Kompas.com - 16/11/2011, 19:17 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Selama November 2011-Mei 2012, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat akan diramaikan oleh kunjungan wisatawan asal Rusia.

Dalam kurun waktu itu ada 4.000 wisatawan asal negara itu melancong ke Lombok, dan rombongan pertama sebanyak 131 orang di antaranya mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL), Nusa Tenggara Barat, Rabu (16/11/2011), sekitar pukul 16.35 wita.

"Kedatangan wisatawan ini adalah kebanggaan bagi kita, apalagi inilah wisatawan dalam jumlah besar yang mendarati Bandara Internasional Lombok sejak diresmikan September lalu," ujar Kepala Kantor Badan Penanaman Modal Daerah NTB, Bayu Windia, yang menyambut secara resmi para wisatawan di ruang kedatangan BIL.

Bayu dan Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, Lalu Putria, seca ra bergantian mengalungkan bunga bagi para wisatawan di ruang tunggu kedatangan. Suara tetabuhan gamelan Gendang Belek menyambut para wisatawan saat menuju bus angkutan di pelataran parkir BIL.

Para wisatawan Rusia yang menumpang pesawat carter Boeing 767 300 ER Nordwind Airline, yang terbang dari Novocsibirsk Rusia hari Rabu selama empat menuju Bangkok, kemudian melanjutkan penerbangan selama empat jam ke Lombok.

Menurut Putu Gede Arya, dari Go Vacation Indonesia (GVI), travel agent yang mendatangkan wisatawan Rusia ini, para pelancong asal Rusia itu dijadwalkan berada 14 hari di Lombok.

Setelah kepulangan mereka (30/11/2011), akan datang lagi rombongan berikutnya dari negara yang sama. Tiap grup ini tinggal sekitar dua minggu di Lombok. Jad wal kedatangan 4.000 wisatawan Rusia berlangsung hingga April-Mei 2012.

Mestinya tahun lalu wisatawan asal Rusia mau datang ke Lombok, tapi karena landasan pacu Bandara Selaparang belum mampu didarati pesawat jenis ini, sehingga kedatangan mereka baru terealisasi tahun ini, ucap Putu.

Mereka mengunjungi obyek-obyek wisata dan berbagai atraksi seni budaya dan masakan kuliner di Lombok.

"Karenanya kedatangan wisatawan ini merupakan ujian dan tantangan bagi pemerintah dan pelaku pariwisata di Lombok untuk terus melengkapi fasilitas dan sarana sejumlah obyek wisata, termasuk menyiapkan berbagai atraksi wisata seni-budaya, kuliner dan lainnya yang bisa membuat para tamu asing itu tenang dan nyaman mengisi hari-hari libur di Lombok," kata Putu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com