Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seruput Kopi di Kontes Kopi

Kompas.com - 17/11/2011, 06:08 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

KOMPAS.com - Suara seruput demi seruput pada sendok-sendok kopi panas terus terdengar. Begitulah uniknya juri atau dikenal sebagai cupper menilai kopi yang diikutsertakan dalam Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke-4 di Jakarta. Dari 10 peserta hasil seleksi awal, juri harus menentukan lima kontestan dari masing-masing kategori kopi Arabica dan Robusta.

Dari lima kontestan pun, secara ketat para cupper harus berusaha keras lagi mencium dan merasakan kecapan lidah dengan seseruput kopi panas untuk m enentukan pemenangnya. Bahkan, konsisten menghilangkan mati rasa untuk tidak sekadar memenangkan kopi bikinannya. Semua diuji, lalu terpilihlah pemenangnya.

Kategori kopi Arabika diraih pemenang pertama oleh PT Perkebunan Nusantara XII disusul juara kedua Sulato Toraja, Sulawesi, dan juara ketiga diraih PT Sumatera Arabika Gayo. Sementara, juara harapan pertama diraih PT Sari Makmur Tunggal Mandiri (Jawa Tengah) dan harapan kedua Flores Bajawa.

Sedangkan kopi Robusta diraih pertama oleh PT Kalibendo, Banyuwangi, disusul juara kedua PTPN XII dan Kaliwining, Jember. Sementara, harapan pertama diraih Java Agro Semarang dan harapan kedua PTPN XII.

COO PT Excelso Mullti Rasa Pranoto Soenarto selaku panitia Rabu (16/11/2011) langsung menyatakan, kopi-kopi terbaik ini jika diperkenankan dan harganya bisa cocok dengan hitung-hitungan bisnis, akan langsung dibeli untuk dipromosikan di industri minumannya.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com