Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini Seni Bapandung Warnai Festival Pasar Terapung

Kompas.com - 24/11/2011, 20:09 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Sebuah seni monolog khas Banjar yang sudah cukup jarang dipentaskan, yakni Bapandung, Kamis (24/11/2011) malam, dipentaskan dalam Festival Budaya Pasar Terapung 2011 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Adalah Abdul Syukur, seorang seniman Banjar yang mementaskan kesenian dengan mengambil judul Karas Karas Kanyul. Meski durasinya tidak terlalu panjang, sejak awal pentas sang seniman terus bercerita yang kemudian disambut tawa ratusan penonton. Bapandung sendiri muncul sekitar abad ke-18 di daerah Margasari, Kalsel.

Biasanya, cerita Bapandung mengandung unsur nasihat atau pesan baik. Selain bapandung, malam ini juga dipentaskan seni mamanda atau sejenis teater khas Kalsel. Dalam kesenian ini biasanya pemain sesekali berinteraksi dengan penonton.

Adapun isi cerita lebih berkutat pada kisah-kisah kerajaan. Satu lagi kesenian lain yang juga ditampilkan adalah wayang gong atau sejenis wayang orang. Dalam kesenian ini setiap pemain--yang malam ini dimainkan oleh siswa-siswi SMA PGRI 1 Banjarbaru--mengenakan kostum sesuai peran yang dimainkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com