Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malut Berupaya Tarik Wisatawan Raja Ampat

Kompas.com - 26/11/2011, 16:17 WIB
EditorI Made Asdhiana

TERNATE, KOMPAS.com - Sejumlah kabupaten di Provinsi Maluku Utara berupaya menarik wisatawan yang berkunjung di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, agar melanjutkan perjalanan ke kabupaten bersangkutan.

Kabupaten Halmahera Utara misalnya, menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, JA Papilaya, di Ternate, Sabtu (26/11/2011), pihaknya akan membuka paket perjalanan wisata dengan rute Raja Ampat - Morotai - Tobelo, ibukota Kabupaten Halmahera Utara.

Dengan adanya paket perjalanan wisata itu diharapkan wisatawan dari dalam dan luar negeri yang berkunjung di Raja Ampat akan melanjutkan perjalanan ke kabupaten itu untuk melihat berbagai obyek wisatanya, seperti peninggalan sejarah dan obyek wisata bahari.

"Obyek wisata peninggalan sejarah yang cukup menarik dikunjungi wisatawan di Halmahera Utara diantaranya peninggalan Perang Dunia II, baik berupa benteng pertahanan, lapangan terbang maupun puing-puing kapal perang dan senjata," katanya.

Salah satu lokasi objek wisata sejarah yang terdapat puing-puing kapal perang dan senjata Perang Dunia II di kabupaten itu adalah di Teluk Kao. Di lokasi itu sedikitnya ada 12 titik tempat puing-puing kapal perang dan senjata.

Kabupaten lainnya di Malut yang juga berupaya menarik wisatawan yang berkunjung di Raja Ampat melanjutkan perjalanan ke kabupaten bersangkutan adalah Kabupaten Halmahera Selatan, yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Raja Ampat.

Menurut bupati setempat, Muhammad Kasuba, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Pemkab Raja Ampat agar wisatawan yang berkunjung di Raja Ampat diarahkan untuk melanjutkan perjalanan ke Halmahera Selatan.

Kabupaten itu memiliki obyek wisata bahari yang cukup menarik diantaranya obyek wisata Pulau Widi, Pantai Lelei dan Pantai Gura Ici. Keindahan obyek wisata itu tidak kalah jika dibandingkan dengan obyek wisata bahari di Raja Ampat.

"Dari ketiga obyek wisata tersebut yang paling dekat dengan Raja Ampat adalah Pulau Widi yakni hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar tiga jam menggunakan speed boad dari Raja Ampat. Pulau Widi itu terletak perbatasan antara Halmahera Selatan dengan Raja Ampat," katanya.

Kabupaten Halmahera Utara dan Selatan sudah dilayani penerbangan perintis dari dan ke Ternate, bahkan khusus Halmahera Utara ada yang langsung dari Manado, sehingga wisatawan yang ingin menggunakan transportasi udara ke kedua daerah itu tidak akan mengalami kesulitan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+