Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Pekan Pesona Budaya, Jambi Unjuk Gigi

Kompas.com - 26/11/2011, 22:55 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAMBI, KOMPAS.com - Pekan kebudayaan merupakan acara yang kerap diselenggarakan suatu daerah untuk menarik wisatawan-wisatawan untuk datang dan mengenal kebudayaan daerah tersebut, berbagai konsep acara dibuat untuk membuat acara tersebut menjadi menarik. Tak terkecuali dengan Jambi.

Salah satu provinsi yang terletak di tengah pulau Sumatera ini tengah memoles diri untuk unjuk gigi dalam pentas pariwisata nasional dengan menggelar Pekan Pesona Budaya Jambi 2011.

Acara sepekan yang diisi oleh ragam tarian dari sembilan kabupaten dan dua kota tersebut menyedot perhatian masyarakat Jambi serta wisatawan baik domestik maupun lokal. Dengan mencampurkan kebudayaan tradisional dipadu dengan kebudayaan modern, acara yang diselenggarakan tiap tahun ini menjadi pemicu bagi perkembangan pariwisata Kota Jambi yang tengah berbenah diri.

Dengan mengandalkan konsep Candi Muaro Jambi sebagai latar belakang, acara tersebut sukses dan sesuai dengan target yang ditentukan. Malahan menurut Wakil Gubernur Provinsi Jambi H. Fachrory Umar, masyarakat banyak yang mengadu kepadanya, kenapa festival semacam ini hanya diselenggarakan seminggu, tidak sebulan. Hal tersebut dirasa Umar menjadi indikator kebangkitan pariwisata Jambi berbasis kerakyatan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, Didy Wuryanto mengatakan bahwa pihaknya gembira karena acara tersebut merupakan kontribusi dari seluruh elemen masyarakat, tidak seperti tahun lalu yang hanya dikoordinasikan oleh pihak kabupaten.

Bujang Gadis Jambi Jadi Duta Pariwisata

Untuk memperkenalkan apa saja potensi alam dan budaya yang dimiliki oleh Jambi, tentunya perlu kerjasama seluruh pihak dengan kebijakan yang strategis, salah satunya adalah dengan duta pariwisata. Dalam acara puncak Pekan Pesona Budaya Jambi, pemilihan Bujang-Gadis sebagai duta pariwisata menjadi acara puncaknya. Diharapkan dengan partisipasi kaum muda dapat lebih memperkenalkan Jambi ke dunia luar.

Sebanyak 73 finalis perwakilan dari berbagai kabupaten dan kota bertarung dalam ajang tersebut. Asih Verawati dan Andharu Primayudha Infantri menjadi pasangan Bujang-Gadis yang terpilih dalam malam puncak tersebut. Disambut tepuk tangan dan riuhnya warga Jambi yang menonton, pasangan tersebut terlihat gembira ketika diberikan selendang penghargaan oleh Gubernur Jambi.

Pasangan Bujang-Gadis Jambi 2011 tersebut mengaku gembira memiliki tanggung jawab yang besar sebagai duta pariwisata Kota Jambi. Pasangan tersebut telah membuat program dalam waktu dekat, yaitu ingin membuat program radio berisi segala informasi pariwisata tentang Jambi yang terkenal dengan wisata alam dan sejarahnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+