Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Tambah Jadwal Penerbangan ke China

Kompas.com - 29/11/2011, 20:13 WIB
Dahlia Irawati

Penulis

QINGDAO, KOMPAS.com - Mulai akhir tahun ini, maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan menambah jadwal penerbangannya ke China. Jadwal penerbangan Jakarta-Beijing dari sebelumnya hanya tiga kali penerbangan, maka akhir tahun ini akan ditambah menjadi 5 kali penerbangan. Adapun jadwal penerbangan Jakarta-Beijing yang sebelumnya hanya 4 kali akan ditambah menjadi daily atau harian atau menjadi 7 kali seminggu.

Penambahan jadwal penerbangan seminggu penuh untuk rute Jakarta-Beijing ini mengikuti sute sebelumnya yaitu Jakarta-Guangzhou di mana sudah dilayani 7 kali dalam seminggu. "Kami ingin mendukung program pemerintah meningkatkan kunjungan wisatawan China ke Indonesia sebanyak 1 juta orang setahun," tutur General Manajer Garuda Indonesia Beijing-China, Asa Perkasa, Selasa (29/11/2011) saat ditemui dalam acara Promosi Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Indonesia-China 2011 di Qingdao, China.

Saat ini kunjungan wisatawan China ke Indonesia mencapai 500.000 orang dalam setahun. Target pemerintah Indonesia adalah mendatangkan wisatawan China ke Indonesia sebanyak 1 juta orang pada tahun 2013.

"Untuk itu kami juga tengah berupaya mempermudah pengeluaran visa untuk wisatawan China. Jika sebelumnya kami sudah memberlakukan visa on arrival (visa saat tiba di tempat) pada wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia, maka kini kami tengah berusaha membuat terobosan visa on board atau visa sudah diurus saat wisatawan terbang ke Indonesia. Jadi setelah tiba di bandara, visa sudah jadi. Sehingga pengunjung China tinggal berwisata di Indonesia," ujar Duta Besar RI untuk China, Imron Cotan.

Visa on board ini, menurut Imron, sudah diberlakukan untuk wisatawan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com