Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Optimistis Kunjungan Wisman Mencapai Target

Kompas.com - 30/11/2011, 20:27 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu merasa optimistis kunjungan wisatawan asing hingga akhir 2011 mampu mencapai target sebesar 7,7 juta orang. "Kami optimistis target kunjungan wisman tersebut tahun ini akan tercapai. Walau di Eropa saat ini terjadi krisis utang, sama sekali tidak berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan asing," katanya di kawasan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Rabu (30/11/2011).

Di sela-sela meninjau rencana pembangunan kawasan marina di Benoa, Mari menambahkan, untuk mencapai target tersebut harus kerja keras, optimistis, dan realistis. "Kami mengintensifkan pemasaran pariwisata Indonesia ke negara-negara yang pertumbuhan ekonominya masih baik. Selain itu, kita harus mampu menyediakan produk-produk yang menarik seperti wisata kapal pesiar," katanya.

Menurut Mari, wisata kapal pesiar adalah salah satu produk yang dapat diandalkan "Wisatawan yang menumpang kapal pesiar biasanya ingin mencari keramaian, menyaksikan seni budaya, dan pemandangan alam. Kita punya ketiganya," kata Mari.

Untuk mengintensifkan wisata kapal pesiar, Mari mengaku sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 2 miliar-Rp 4 miliar. Target promosinya itu juga dilakukan pemerintah hingga ke Miami, Amerika Serikat.

"Kapal pesiar yang besar bisa mengangkut 4.000 wisatawan. Tetapi sekarang yang bisa kami tampung baru 2.000 orang. Maka, Pelabuhan Benoa akan dipugar dan diintensifkan untuk pelabuhan marina dan kapal cruise," kata Mari yang didampingi General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa Iwan Sabatini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com