Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benoa Berbenah Sambut Kapal Pesiar

Kompas.com - 30/11/2011, 20:43 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa, Iwan Sabatini, mengemukakan bahwa pihaknya memiliki keinginan membuat zona marina khusus untuk menampung kapal pesiar ukuran kecil hingga besar. "Kami punya lahan kosong di sekitar pelabuhan dan itu akan kami gunakan untuk program tersebut. Pada 2013 sudah dibangun, sejalan dengan jalan tol. Estimasi biaya sekitar Rp 4 triliun, bisa lebih," ujarnya di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Rabu (30/11/2011), saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Iwan mengaku sampai saat ini belum ada investor di Tanah Air yang berminat, tapi ada pihak swasta dari China dan Korea Selatan yang menunjukkan minatnya. Pelabuhan Benoa nantinya dibangun sepanjang 975 meter dan lebar 750 meter atau di atas lahan seluas 37 hektare. "Bali sangat menjanjikan menopang kapal pesiar. Di negara-negara lain, wisata kapal pesiar sangat maju. Selayaknya Indonesia mengejar ketertinggalan tersebut," katanya.

Iwan menyebutkan bahwa kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Benoa pada 2011 terjadi peningkatan sekitar 25 persen dibandingkan pada 2010, termasuk jumlah penumpangnya. "Tahun 2010 ada 28 unit kapal pesiar. Sementara hingga akhir 2011 ada 35 unit kapal pesiar yang merapat di Pelabuhan Benoa. Untuk 2012, akan ada 38 kapal pesiar yang akan berlabuh di Benoa. Penumpang terbanyak dari China, Singapura, dan Australia," tambah Iwan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com