Menyejukkan Hati di Kebun Raya Purwodadi...

Kompas.com - 02/12/2011, 10:46 WIB
EditorI Made Asdhiana

AWAL November lalu, di sepanjang jalan Surabaya menuju Malang, Jawa Timur, rasanya tak ada udara yang sejuk sama sekali. Panas mentari menyengat kulit. Lalu lintas yang padat membuat kepala seakan mau pecah.

Untungnya, saat rasa gerah semakin memuncak, di kiri jalan terlihat pemandangan yang cukup menyejukkan mata. Deretan pepohonan keras menjulang tinggi dan rimbun, menyuguhkan tawaran kesejukan untuk sejenak melepas penat. Di sana, di Jalan Raya Surabaya-Malang Kilometer 65 (sekitar 24 kilometer dari Kota Malang), kami memilih berhenti melepas penat.

Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, demikian nama tempat itu. Dengan harga tiket masuk Rp 4.500 per orang, ditambah parkir motor Rp 1.500, kami bisa beristirahat sejenak.

Jika tak ingin berjalan kaki, pengunjung bermobil bisa berkeliling kebun itu mengamati beragam pepohonan dari dalam kendaraan dengan tambahan tarif Rp 6.500 per kendaraan.

Duduk di hamparan tanah lapang yang dipayungi rimbunnya berbagai jenis tanaman, menikmati indahnya bunga teratai di atas danau buatan cukup menenangkan jiwa.

Hati dan pikiran yang semula dipacu berbagai kepentingan rasanya sesaat berhenti berputar, teredam kekaguman dan keindahan julangan tanaman berumur belasan hingga ratusan tahun di sana.

Jika haus atau ingin makanan kecil, pengunjung bisa membelinya dari ibu-ibu penjaja makanan yang datang sambil menenteng barang dagangannya.

Langka

Kebun Raya Purwodadi didirikan pada 30 Januari 1941 oleh Dr LGM Baas Becking. Kebun ini berada di bawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama tiga kebun raya lain, yaitu Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas (keduanya di Jawa Barat), serta Kebun Raya Eka Karya, Bali.

Di kebun seluas 85 hektar ini terdapat ribuan jenis tanaman koleksi dataran rendah kering, seperti jenis anggrek, polong-polongan, mangga, paku-pakuan, pisang, palem, tanaman obat, serta herbarium dan tanaman berbiji.

Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.