Guru PAUD Mendapat Keterampilan SDM

Kompas.com - 04/12/2011, 23:05 WIB
EditorBenny N Joewono

BENGKULU, KOMPAS.com — Puluhan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, diberikan pelatihan keterampilan.

Titin Sumarni, Ketua Himpunan Guru PAUD Kabupaten Kaur, Minggu (4/12/2011) di Bengkulu, mengatakan, pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu (Dikbud Provinsi Bengkulu) itu bertujuan meningkatkan sumber daya guru PAUD di Bengkulu, termasuk di Kaur.

"Dengan demikian ketika anak keluaran PAUD masuk ke jenjang pendidikan taman kanak-kanak (TK), mereka tinggal menyesuaikan diri ke lingkungan sekolah baru tersebut," katanya, Minggu.

Demikian pula ketika lulus TK dan melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah dasar (SD), mereka tidak susah lagi membinanya. Minimal, mereka sudah bisa berhitung dan membaca, meski belum lancar.

Hal ini terkait dengan syarat agar bisa diterima di SD, yang selain berusia minimal tujuh tahun, juga sudah bisa berhitung dan membaca.

Untuk mencapai hal itu, kata Titin, dibutuhkan guru PUAD dan TK yang memiliki kualitas tinggi dalam hal sumber daya manusia (SDM). Karena itu, pihaknya memberikan kesempatan kepada guru PAUD di daerah ini untuk meningkatkan kualitas diri melalui berbagai kegiatan pelatihan yang diselenggarakan Dikbud Provinsi Bengkulu.

Pada bulan Desember 2011, pihaknya akan mengirim sejumlah guru PAUD ke Bengkulu untuk mengikuti pelatihan yang diadakan dinas dikbud setempat.

Namun, dia belum dapat memastikan waktu pelaksanaan pelatihan tersebut. "Yang jelas, informasi yang kita terima dari Dikbud Provinsi Bengkulu, kegiatan pelatihan guru PAUD akan dilaksanakan pada Desember 2011 ini," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.