Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru PAUD Mendapat Keterampilan SDM

Kompas.com - 04/12/2011, 23:05 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com — Puluhan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, diberikan pelatihan keterampilan.

Titin Sumarni, Ketua Himpunan Guru PAUD Kabupaten Kaur, Minggu (4/12/2011) di Bengkulu, mengatakan, pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu (Dikbud Provinsi Bengkulu) itu bertujuan meningkatkan sumber daya guru PAUD di Bengkulu, termasuk di Kaur.

"Dengan demikian ketika anak keluaran PAUD masuk ke jenjang pendidikan taman kanak-kanak (TK), mereka tinggal menyesuaikan diri ke lingkungan sekolah baru tersebut," katanya, Minggu.

Demikian pula ketika lulus TK dan melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah dasar (SD), mereka tidak susah lagi membinanya. Minimal, mereka sudah bisa berhitung dan membaca, meski belum lancar.

Hal ini terkait dengan syarat agar bisa diterima di SD, yang selain berusia minimal tujuh tahun, juga sudah bisa berhitung dan membaca.

Untuk mencapai hal itu, kata Titin, dibutuhkan guru PUAD dan TK yang memiliki kualitas tinggi dalam hal sumber daya manusia (SDM). Karena itu, pihaknya memberikan kesempatan kepada guru PAUD di daerah ini untuk meningkatkan kualitas diri melalui berbagai kegiatan pelatihan yang diselenggarakan Dikbud Provinsi Bengkulu.

Pada bulan Desember 2011, pihaknya akan mengirim sejumlah guru PAUD ke Bengkulu untuk mengikuti pelatihan yang diadakan dinas dikbud setempat.

Namun, dia belum dapat memastikan waktu pelaksanaan pelatihan tersebut. "Yang jelas, informasi yang kita terima dari Dikbud Provinsi Bengkulu, kegiatan pelatihan guru PAUD akan dilaksanakan pada Desember 2011 ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com