Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Indonesia Peringkat 74

Kompas.com - 05/12/2011, 16:29 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pariwisata Indonesia menjadi peringkat 74 dari 328 negara di dunia menurut World Economic Forum. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam Konferensi Pariwisata Nasional di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (5/12/2011).

"Ada banyak studi yang membandingkan daya saing destinasi pariwisata negara-negara di dunia. Salah satunya World Ecomomic Forum tersebut yang memaparkan apa yang menjadi kekuatan pariwisata Indonesia. Kita peringkat 74, itu masih di bawah Thailand," kata Mari.

Namun, lanjut Mari, masih menurut World Economic Forum, Indonesia berada di peringkat 39 untuk kekuatan pariwisata dari segi budaya dan penyelenggaraan acara internasional. Menurut Mari, kegiatan tersebut bisa berupa festival budaya, seperti Festival Danau Toba atau Sail Indonesia.

"Bisa juga sebagai tempat shooting film, seperti saat film Eat, Pray, Love. Event-event ini yang menjadi Indonesia dikenal. Selain juga cultural heritage," ungkapnya.

Dalam World Economic Forum tersebut, ada 14 indikator yang dinilai. Misalnya, sesuai pemaparan Mari, dari indikator kebijakan dan peraturan, Indonesia dianggap membaik, yaitu di peringkat 88. Selain itu, indikator keamanan dan kesehatan.

"Kesehatan kita menurun, terkait flu burung. Isu paling sensitif adalah keamanan dan kesehatan bagi turis. Juga berkaitan dengan kebersihan," tuturnya.

Peringkat meningkat dari salah satu indikator adalah value for money, yaitu Indonesia di peringkat 4. Mari menambahkan, hal ini berarti Indonesia menawarkan pariwisata yang berbujet rendah, baik dari tarif hotel maupun paket wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com