Pertengahan 2012 Samosir Bangun "Geopark"

Kompas.com - 08/12/2011, 17:26 WIB
EditorI Made Asdhiana

PANGURURAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, akan membangun taman bumi atau "geopark" senilai Rp 20 miliar karena potensi pariwisata di kawasan danau Toba sangat tepat untuk wisata bahari. "Rencana pembangunan geopark sebagai lokasi untuk etalase danau Toba itu diperkirakan bisa dimulai pada pertengahan tahun 2012," kata Kabag Humas Pemkab Samosir, Gomgom Naibaho, di Pangururan, Kamis (8/12/2011).

Ia mengatakan, geopark merupakan lokasi yang terbentuk dari rangkaian proses pembentukan bumi yang terjadi ribuan tahun lalu dan lokasi yang sudah ditentukan tersebut akan dikelola sebagai konservasi alam dan menjadi kawasan pariwisata. Untuk itu, Pemkab Samosir telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta.

Kerja sama dimaksud, lanjut Gomgom, diawali dengan penandatanganan kesepakatan antara Bupati Samosir Mangindar Simbolon dan Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian dan Kebijakan Teknologi Dr Ir Tatang A. Taufik. "Penandatanganan kesepakatan itu langsung disaksikan Kepala BPPT Marzan A Iskandar di Gedung BPPT Jakarta pada 30 November 2011," kata Gomgom.

Ia menyebutkan, momen tersebut bertepatan dengan puncak acara "Inovasi Award 2011" oleh BPPT yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta dan Deputi Menteri Koperasi, Usaha Kecil Menengah serta beberapa gubernur dan bupati/wali kota. "Samosir menjadi begitu penting bagi penelitian geologi, sehingga diajukan masuk sebagai jaringan Geopark Dunia," ujarnya.

Kesepakatan yang ditandatangani, katanya, mencakup pengkajian dan penerapan serta pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan daerah, dengan tujuan pengembangan pemanfaatan potensi wilayah melalui peningkatan kapasitas masyarakat dan lembaga setempat. "Ruang lingkup kesepakatan itu, nantinya dalam bentuk pengembangan sistem inovasi daerah dan pengkajian kebijakan teknologi yang meliputi inovasi, difusi, daya saing dan audit teknologi," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.