Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santika Premiere Jakarta, Hotel Bintang 4 Terbaik

Kompas.com - 08/12/2011, 21:02 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang penghargaan Indonesia Tourism Award 2011 di Jakarta, Kamis (8/12/2011) malam telah memunculkan nama-nama pemenang untuk kategori industri penunjang pariwisata terbaik.

Salah satu unit bisnis Kelompok Kompas Gramedia memenangkan penghargaan yaitu Santika Premiere Jakarta sebagai Hotel Bintang 4 Terbaik. Sementara itu, Mulia Senayan Jakarta sebagai hotel bintang 5 Terbaik dan The Aroma's Kuta sebagai Hotel Bintang 3 Terbaik.

Restoran Bandar Jakarta memenangkan penghargaan Restoran Terbaik. Mal Terfavorit di Jakarta diraih Plaza Senayan. Sementara Paris Van Java untuk mal di luar Jakarta.

Sektor maskapai untuk Penerbangan Layanan Penuh Terfavorit diraih Garuda Indonesia. Sedangkan Sriwijaya Air mendapatkan Penerbangan Layanan Ekonomi Terfavorit.

Panorama Tour meraih Biro Perjalanan Wisata Terfavorit. Sedangkan Armada Taksi Terfavorit adalah Putra. Spa Terfavorit diraih Javana Spa dan Royale Jakarta sebagai Lapangan Golf Terfavorit.

Kategori yang disurvei dalam ajang Indonesia Tourism Award 2011 meliputi industri penunjang pariwisata terbaik yang dibagi dalam sub sektor antara lain hotel berbintang, maskapai penerbangan, biro perjalanan wisata, taksi, restoran, golf, spa, dan mal. Khusus untuk hotel, golf, spa, biro perjalanan wisata, dan restoran berdasarkan penjurian.

Selain itu juga terdapat penghargaan untuk kabupaten/kota terbaik dalam layanan wisata, kota tujuan wisata favorit, obyek wisata favorit. Adapula penghargaan yang dipilih berdasarkan kompetisi program, yaitu pemerintah provinsi yang paling berkomitmen terhadap pengembangan pariwisata.

Majalah SWA yang bertindak sebagai penyelenggara survei. Survei dilakukan di 25 kota. Kota-kota yang terpilih merupakan daftar kota dengan PDRB (pendapatan domestik regional brutto) di bidang pariwisata terbesar.

Selain survei, juga dilakukan FGD (focus group discussion). Ada 60-90 wisatawan yang disurvei di setiap kota, baik wisman dan wisnus.

Ke-25 kota tersebut antara lain Belitung, Batam, Badung, Bandung, Bogor, Cirebon, Denpasar, Jakarta, Malang, Makassar, Manado, Padang, Palembang, Pekanbaru, Tanah Toraja, Lombok Barat, Raja Ampat, Sawahlunto, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semanrang, Tangerang Selatan, Samarinda, dan Medan.

Survei dilakukan terhadap 1.500 wisatawan yang terdiri dari 1.350 wisnus dan 150 wisman. Juga melibatkan 100 responden dari kalangan profesional dan eksekutif. Aspek yang dinilai antara lain kebersihan, informasi wisata, kewajaran biaya, promosi, keragaman obyek, keamanan, keunikan obyek, dan keramahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com