Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Praktisi Akan Bahas Fenomena Jurnalisme Warga

Kompas.com - 09/12/2011, 19:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan jurnalisme warga di kalangan masyarakat Indonesia sebenarnya sudah berlangsung lama. Beragam media digunakan sebagai penyalur aspirasi rakyat, seperti Surat Pembaca di media cetak atau informasi lalu lintas yang biasanya disampaikan pengguna jalan ke stasiun radio.

Tapi begitu internet dan media sosial mengalami ledakan pengguna, aktifitas ini mendapatkan momen terbaiknya, yaitu dengan digunakannya Twitter, Facebook dan blog sebagai media untuk menyampaikan pendapat ataupun informasi oleh masyarakat secara langsung.

Kegiatan jurnalisme warga dan label reporter warga pun mulai jadi tren, khususnya di kalangan pengguna internet. Fenomena inilah yang akan diperbincangkan di acara Talkshow Citizen Journalism di Kompasianival 2011, Sabtu (10/12/2011) besok.

Talkshow yang akan mengawali rangkaian Kompasianival 2011 ini akan menghadirkan tiga orang praktisi jurnalisme warga dan satu orang pakar di bidang jurnalistik.

Mereka adalah Pepih Nugraha yang menjadi penggagas lahirnya media sosial Kompasiana tahun 2008, Indra Bigwanto yang mendirikan Koran Facebook dua tahun lalu, Wisnu Nugroho yang mulai ngeblog di Kompasiana sejak 2008 dan sukses menerbitkan buku Tetralogi Sisi Lain SBY, serta Ignatius Haryanto yang saat ini menjabat sebagai Direktur Direktur Program Mochtar Lubis Award.

Pepih akan bercerita seputar kiprah Kompasiana sebagai sebuah media warga yang saat ini menjadi salah rujukan informasi masyarakat Indonesia di dunia maya. Sedangkan Indra akan menceritakan pengalamannya membangun halaman Koran Facebook dan efektifitasnya dalam memanfaatkan jejaring untuk kegiatan jurnalisme warga.

Pada sesi yang sama, Wisnu Nugroho akan berbagi pengalaman selama ngeblog di Kompasiana dan bagaimana bedanya menjadi jurnalis mainstream dan jurnalis warga. Lalu Ignatius akan membahas fenomena jurnalisme warga dari sudut pandang seorang jurnalis mainstream dan praktisi media, yang dalam kerjanya terikat oleh kode etik profesi dan kode etik jurnalistik.

Jadi, jangan lewatkan ulasan fenomena jurnalisme warga di Indonesia di Kompasianival 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com