Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simfoni Wisata Pergantian Tahun

Kompas.com - 10/12/2011, 07:39 WIB

HONGKONG, wilayah yang memiliki otoritas khusus di China ini memang tak habis dibahas. Modern, terbuka, dan menawarkan beragam hiburan menarik yang menjadi magnetnya. Layaklah bila wilayah yang terbagi menjadi empat bagian besar, yaitu Kowloon, Hongkong Island, Lantau Island, dan New Territory ini menjadi incaran para wisatawan.

Tour Division Avia Tour Eddy S mengungkapkan, "Hampir pada tiap musim, Hongkong memiliki sejumlah event spesial. Misalnya, Halloween Party, Natal, dan Tahun Baru yang dirayakan secara meriah."

Rasakanlah sendiri keasyikan menikmati Hongkong terutama saat malam pergantian tahun. Dari Kowloon Island, di bibir dermaga, Anda bisa menyaksikan eloknya kembang api yang seakan berlomba-lomba menerangi langit malam Hongkong. Sementara itu, gedung-gedung pencakar langit di Hongkong sendiri seolah tak mau kalah memamerkan gemerlap lampunya.

Eddy melanjutkan, maraknya wisatawan Indonesia maupun negara Asia lainnya menuju Hongkong adalah karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dan tersedia banyak maskapai penerbangan yang melayani tujuan ke Hongkong. Hongkong rupanya menyadari potensi ini. Banyak hotel dibuka sebagai akomodasi yang nyaman bagi para wisatawan. Sarana transportasi lokal seperti bus dan MRT pun dibenahi. Sehingga, wisatawan juga semakin dimudahkan saat berjalan-jalan dan menikmati suasana Hongkong.

Urusan perut, Hongkong punya berbagai street market yang siap memanjakan Anda dengan beragam hidangan chinese food dan hidangan lainnya. Tinggal pilih saja sesuai selera. Begitu pula jika Anda ingin berbelanja, Hongkong adalah salah satu pilihan yang tepat. Beragam produk fesyen berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau hadir di Hongkong.

Usai menikmati Hongkong, Anda bisa menyambangi Shenzhen dan Makau. Dua lokasi ini terbilang tak begitu jauh dari Hongkong. Makau, misalnya, bisa dicapai dalam waktu satu jam dari Hongkong dengan kapal feri. Makau dikenal memiliki City of Dream Area, sebuah pusat hiburan, hotel, pertunjukan kelas dunia, dan lokasi shopping favorit. Diperkirakan terdapat sekitar 300 produk bermerek dunia di sini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berburu barang bermerek saat promo berlangsung.

Tak kalah keren dari Hongkong dan Makau adalah Taiwan. Nightmarket atau pasar kaki lima yang banyak menjajakan suvenir handmade atau jajanan khas Taiwan mudah dijumpai di berbagai sudut kotanya.

Soal kuliner, Anda patut mencoba Pearl Milk Tea. Ini adalah minuman bubble tea yang terkenal berkat rasanya yang khas dan nikmat. Atau, Anda juga bisa berjalan-jalan di Tam Sui Old Street. Lokasi ini dikenal sebagai lokasi syuting serial Meteor Garden versi Taiwan yang sempat booming di Indonesia beberapa tahun lalu.

Anda juga tak boleh melupakan pesona Taroko Gorge. Adapun Taroko Gorge adalah tebing berbatu dengan pemandangan alam yang indah. Luasnya sekitar 920 kilometer persegi yang berupa tebing pegunungan marmer putih yang memikat. Bahkan, keelokan pahatan alam ini membuat Taroko Gorge sering kali disebut sebagai "Grand Canyon Asia". Sementara itu, jika naik kereta dalam perjalanan Chiufen-Hualien, Anda akan menyaksikan pemandangan birunya Samudra Pasifik yang menawan.

Tak perlu khawatir jika akan berwisata kuliner di Hongkong dan Taiwan. Sebab, tersedia sejumlah restoran khusus yang menyediakan makanan halal. Atau, jika ingin mencicipi ragam jajanan, Anda bisa menanyakan halal atau tidaknya pada penjual. Biasanya mereka mengerti dan menunjukkan atau memilihkan jenis penganan yang halal. Siap bertandang ke destinasi-destinasi ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com