Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Pizza dan Pasta Bertemu Oncom

Kompas.com - 16/12/2011, 15:39 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Pizza dengan topping potongan paprika dan daging cincang. Atau, pasta dengan saus Bolognese yang cocok dipadukan dengan daging cincang. Kedua menu ini mungkin sudah familiar di lidah Anda.

Namun pernahkah Anda mencoba menu-menu khas Italia ini dalam versi vegetarian. Bisa jadi Anda sudah pernah mencobanya. Nah, bagaimana dengan pizza dan pasta dengan isian tempe? Ini baru jarang Anda temukan.

Apalagi tempe yang dipakai bukan sekedar tempe biasa, melainkan oncom. Ya, di Burgundy Dine & Wine menyajikan aneka hidangan Barat namun berbahan oncom. Oncom merupakan olahan fermentasi dari kedelai seperti tempe dan merupakan kuliner khas Sunda. Restoran Burgundy terletak di daerah Bandung utara, sekitar Lembang.

Burgundy sendiri merupakan sebuah restoran dengan konsep western dan memiliki wine house sendiri. Sehingga tamu yang makan di Burgundy biasa memesan wine sebagai teman makan malam mereka. Apalagi didukung ambience romantis dari restoran ini. Menyesap wine dalam temaram cahaya lilin, begitu cantik.

Mari mulai dengan Cannoli Oncom Burgundy. Oncom dalam saus Bolognese dibalut dengan kulit Cannoli. Saat digigit, saus lumer di lidah menimbulkan sensasi rasa manis, asam, gurih, dan sedikit rasa pedas. Oncom yang gurih beradu dengan kulit Cannoli lembut berasa polos. Paduan yang cantik.

Lalu lanjutkan lagi dengan Pizza Bolognese Oncom. Sama seperti menu sebelumnya, bedanya hanya calanoli diganti dengan adonan pizza. Namun ada yang menarik, jika umumnya topping pizza berupa paprika, di menu ala oncom tersebut yang Anda akan jumpai malah potongan cabai.

Oleh karena itu, hati-hatilah saat mengigit pizza. Bisa-bisa ‘ranjau’ cabai menghentak Anda. Bila Anda penggemar pedas menggigit, menu ini patut dicoba. Sebaliknya, walau Anda tak gemar pedas, menu ini pun terbilang aman, karena saus Bolognese yang ditampilkan cenderung manis dan sedikit asam. Asal potongan cabai tak termakan saja. Semua ini berkolaborasi dengan pantas dengan empuk dan renyahnya roti pizza.

Belum bosan dengan oncom? Maka teruskan dengan menu oncom berikutnya yaitu Pasta Bolognese Oncom. Secara rasa masih mirip dengan menu-menu berikutnya, namun adonan tepung datar dari calanoli dan pizza telah berganti dengan adonan panjang pipih dari pasta.

Ada yang berbeda dari rasa bolognese yang dipakai. Rasa asam yang dihasilkan tak terlalu kuat karena menggunakan tomat segar yang dihancurkan.

“Awalnya ingin membuat menu baru. Jadi kita pikirkan bagaimana mengangkat ciri khas Sunda. Akhirnya ketemu ide memakai oncom,” tutur Dave Graciano Tumiwa dari Burgundy Dine & Wine.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com