Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sumbar: Jam Gadang Tidak Akan Ditutup

Kompas.com - 22/12/2011, 16:31 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyatakan kawasan Jam Gadang di Kota Bukittinggi tidak akan di tutup dalam menyambut pergantian malam Tahun Baru 2012.

Hal ini dikatakan Irwan Prayitno usai gelar pasukan pengamanan Operasi Lilin dalam rangka menyambut Natal dan pergantian malam Tahun Baru 2012 di lapangan Imam Bonjol, Padang, Kamis (22/12/2011). "Jam Gadang di Bukittinggi pada malam tahun baru 2012 tidak akan ditutup seperti pada pergantian tahun lalu," kata Irwan Prayitno.

Tahun lalu Pemerintah Kota Bukittinggi menyelubungi Jam Gadang dengan kain pada malam pergantian tahun mulai pukul 16.00 WIB pada 31 Desember hinggga 1 Januari pagi harinya. Penutupan dilakukan dengan alasan agar masyarakat tidak melakukan maksiat. Aksi peyelubungan Jam Gadang itu banyak menuai protes masyarakat.

Menurut Irwan, sudah ada kesepakatan Jam Gadang pada malam tahun baru 2012 tidak akan diselubungi kain lagi. "Ini permintaan masyarakat yang mau menikmati pergantian malam tahun di obyek wisata yang terkenal tersebut," katanya.

Menurut Gubernur Sumbar, Jam Gadang merupakan ikon Kota Bukittinggi, masyarakat kecewa jika obyek wisata yang terkenal ini ditutup kain. "Jadi tidak ada alasan Jam Gadang ditutup, sehingga pengunjung pada detik-detik pergantian tahun baru bisa dinikmati lagi jarum Jam Gadang ada angka romawi kuno," katanya.

Irwan mengimbau, para pengunjung agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di obyek wisata Jam Gadang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com