Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Juta Warga Berwisata Akhir Tahun

Kompas.com - 26/12/2011, 21:29 WIB
Mohamad Final Daeng

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Diperkirakan sekitar 80 juta warga Indonesia berwisata lintas provinsi untuk mengisi liburan akhir tahun kali ini.

Hal itu dikemukakan Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Asnawi Bahar, Senin (26/12/2011) di Jakarta. Tumbuhnya jumlah kelas menengah di Indonesia sebesar 25 persen, menurut Asnawi, menjadi salah satu faktor meningkatnya minat wisata domestik pada akhir tahun ini.

Tujuan utama turis domestik untuk akhir tahun ini masih didominasi ke daerah-daerah wisata di kawasan barat Indonesia, seperti Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

Untuk kawasan timur Indonesia, menurut Asnawi, sudah ada peningkatan ke beberapa destinasi wisata, salah satunya Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, porsi wisatawan ke kawasan timur diperkirakan hanya 3-4 persen dari keseluruhan wisata.

Asnawi mengutarakan, minimnya jumlah wisatawan karena masih minimnya infrastruktur, khususnya transportasi, ke daerah-daerah tujuan wisata di Indonesia timur. Selain itu, ada juga masalah promosi pemerintah daerah masing-masing yang kurang bergaung.

"Tahun depan kami mencoba mencari solusi bersama kementerian terkait untuk memfokuskan peningkatan wisata di Indonesia timur, khususnya terkait persoalan infrastruktur wisatanya," kata Asnawi.

Upaya ini memerlukan sinergi lintas instansi dan tidak bisa menjadi tanggung jawab Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com