Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Tari Daerah Memukau Wisatawan

Kompas.com - 28/12/2011, 20:25 WIB

SIMALUNGUN, KOMPAS.com — Festival tari daerah dalam kegiatan Pesta Danau Toba  2011 memukau para wisatawan. Festival ini digelar di Open Stage, Lapangan Pagoda, Prapat, Simalungun, Rabu (28/12/2011).

Sejak awal festival dimulai, ratusan wisatawan terlihat begitu antusias menyaksikan pertunjukan tarian yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Sumatera Utara (Sumut) tersebut.

Mereka rela berdiri berjam-jam di terik panas matahari untuk menyaksikan aneka tarian yang dibawakan oleh para pelajar dari beberapa kabupaten dan kota di Sumut.

"Unik dan menarik. Rasanya sayang kalau ditinggal pergi. Ini peristiwa langka bagi saya karena saya tidak setiap saat bisa berkunjung ke Sumatera Utara," kata Yani (24), warga Medan, yang menghabiskan akhir tahunnya di Danau Toba, Prapat.

Menurut Yani, meskipun tinggal di kota Medan yang tergolong dekat dengan kawasan Danau Toba,  ia hampir tak pernah menyaksikan aneka tarian daerah.

Komentar senada juga diungkapkan  Gene, warga negara Amerika Serikat yang berkunjung ke Danau Toba. Perempuan berusia 49 tahun ini mengaku sangat terkesan dengan penampilan para remaja dalam aneka tari-tarian yang disuguhkan dalam festival tersebut.

Menurut Gene, dirinya  pernah berkunjung ke beberapa negara di dunia, tetapi suguhan tari-tarian yang ditampilkan pada festival tari tersebut sangat unik dan belum pernah dilihatnya.

Dalam festival ini menampilkan 16 peserta yang berasal dari beberapa daerah, seperti Simalungun, Tapanuli Utara, Labuhan Batu Utara, Tobasa, Labahan Batu, Dairi, Humbahas, Deli Serdang, dan Serdang Bedagai. (Tribun Medan/Arifin Al Alamudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com