Ini Dia Kiat Wisman Dapat Informasi Wisata

Kompas.com - 29/12/2011, 19:43 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Dari manakah seorang wisatawan mendapatkan informasi wisata? Ternyata, berdasarkan survei yang dilakukan VISA, responden mengatakan bahwa mereka mendapatkan informasi tersebut melalui rekomendasi dari mulut ke mulut dan panduan perjalanan online.

Blogging dan social media juga sebagai channel rekomendasi dari mulut ke mulut. Kedua terbesar adalah panduan online, saat wisatawan ingin melakukan perjalanan, mereka browsing,” kata Direktur PT VISA Worldwide Indonesia, Harianto Gunawan, di Jakarta, Rabu (28/12/2011).

Berdasarkan Global Tourism Intentions Survey 2011 (Survei Minat Pariwisata Global) yang dilakukan pada 11.620 orang nasabah VISA yang berasal dari 23 negara di dunia tersebut, 11 persen menjawab panduan perjalanan online sebagai sumber informasi wisata. Sedangkan 9 persen melalui search engine.

Hal ini, menurut Harianto, sejalan dengan hasil survei mengenai gaya berwisata para wisatawan. Dalam survei terungkap bahwa 50 persen wisatawan lebih menyukai mengatur sendiri rencana perjalanan mereka. Sehingga, lanjutnya, mereka memerlukan panduan yang dicari melalui internet.

Sedangkan untuk pengeluaran liburan ke luar negeri, Harianto memaparkan terjadi peningkatan sebesar 17 persen untuk rencana pengeluaran bagi wisatawan saat berada di Indonesia. Tahun lalu, besar pengeluaran adalah 1541 dollar AS. Hal itu berarti rencana pengeluaran di Indonesia oleh wisatawan akan sebesar 1.835 dollar AS.

Namun ada hal menarik dari jawaban seluruh responden mengenai pembayaran ekstra. Wisatawan bersedia membayar ekstra untuk kenyamanan dan layanan hassle free serta makanan.

“Kenyamanan dan hassle free maksudnya tidak mau repot. Contohnya kemudahan dalam visa on arrival, kedua di Indonesia, on board immigration sudah dilakukan salah satu maskapai kita. Makanan, mereka mau makan tanpa peduli harganya. Karena keunikan negara dari makanannya. Indonesia gudangnya kuliner,” ungkap Harianto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.