Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemrov Jawa Timur soal Kasus Sampang

Kompas.com - 30/12/2011, 14:20 WIB
Idha Saraswati W Sejati

Penulis

SAMPANG, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Kabupaten Sampang berkoordinasi untuk mengatasi perselisihan antarkelompok warga di Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Sampang, Madura, Jawa Timur.

Asisten I Pemprov Jatim Asyhar yang ditemui seusai menengok para pengungsi dari kelompok Syiah di Sampang menuturkan, koordinasi itu dilakukan agar para pengungsi bisa segera kembali ke rumah. "Kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait siang ini. Kalau bisa, ya, secepatnya warga yang mengungsi ini kembali ke rumah," ujarnya, Jumat (30/12).

Menurut dia, upaya mengembalikan warga ke rumahnya memang tergantung dari kondisi keamanan di desa mereka. Oleh karena itu, Pemprov Jatim akan berupaya mengedepankan pendekatan kultural untuk menyelesaikan perselisihan antarkelompok warga tersebut. Kedua belah pihak akan diajak bicara terkait masalah yang mereka hadapi.

Seperti diberitakan, Kamis (28/12/2011), ratusan warga di Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Sampang, membakar rumah warga yang menyebut dirinya sebagai kelompok Syiah. Sedikitnya ada empat rumah yang terbakar habis, termasuk sebuah toko, bangunan madrasah dan mushala. Kasus pembakaran ini diduga dipicu perbedaan paham agama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com