Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Ijen Masih Status Siaga

Kompas.com - 06/01/2012, 03:10 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com Aktivitas Gunung Ijen (2.386 mdpl) di perbatasan wilayah Kabupaten Bondowoso dengan Banyuwangi, Jawa Timur, didominasi gempa tremor harmonik atau gempa permukaan.
    
"Selama dua hari terakhir, aktivitasnya didominasi gempa tremor harmonik yang semakin meningkat," kata anggota Tim Tanggap Darurat Gunung Ijen dari PVMBG, Umar Rosadi, di Pos Pemantauan Gunung Api Ijen (PPGA Ijen) di Taman Sari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (5/1/2012).
    
Berdasarkan data yang terekam dalam seismograf PPGA Ijen tercatat gempa tremor harmonik sebanyak 32 kali pada Senin (2/1/2012), kemudian hari berikutnya sebanyak 68 kali dengan durasi 20-30 menit pada Selasa (3/1/2012), dan pada Rabu (4/1/2012) sebanyak 83 kali dengan durasi 10-30 menit.
    
Selain aktivitas gempa tremor harmonik yang terus meningkat, kata Umar, dua hari terakhir ini juga mulai muncul gempa tektonik jauh yang bisa mencapai dua hingga empat kali dalam sehari. "Saat ini mulai muncul gempa tektonik jauh. Namun, status gunung yang berketinggian 2.386 mpdl itu masih tetap di Level III atau Siaga," tuturnya.
     
Sumber bahaya utama letusan Gunung Ijen adalah air kawahnya yang bervolume besar dan kadar keasaman yang cukup tinggi sehingga membahayakan permukiman yang berada di daerah aliran sungai (DAS) yang dilalui lahar di Kabupaten Bondowoso hingga Situbondo.
    
Kawah Ijen mengandung material air kawah sebanyak 30 juta meter kubik dengan tingkat keasaman (PH) mencapai 0,6-0,8 (setara air aki) sehingga berbahaya bagi masyarakat ketika air itu meluber ke sungai.
    
"PVMBG sudah menyampaikan informasi itu kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bondowoso (BPBD Bondowoso) untuk melakukan antisipasi terhadap ancaman gempa tremor Ijen yang semakin meningkat," ujarnya.
    
Secara terpisah, Kepala BPBD Bondowoso Abdurrahman mengaku, pihaknya selalu berkoordinasi untuk mengetahui aktivitas terkini dari kawah Gunung Ijen dengan petugas PPGA Ijen di Desa Taman Sari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.
    
"Saya mengimbau masyarakat tidak perlu panik. Namun, warga di Kecamatan Sempol yang berada di lereng Gunung Ijen harus tetap siaga terhadap aktivitas Gunung Ijen yang semakin meningkat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com