Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Perluas Pengembangan Pariwisata

Kompas.com - 10/01/2012, 02:57 WIB

Jakarta, Kompas-  Pengembangan industri pariwisata di wilayah Asia Timur menjadi agenda utama dalam ASEAN Tourism Forum yang digelar 8-15 Januari di Manado, Sulawesi Utara. Peran negara-negara mitra sangat diharapkan untuk mewujudkan target tersebut. Setidaknya 1.300 pelaku industri pariwisata hadir dalam pertemuan tersebut.

”ASEAN (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara) harus menjadi daerah tujuan wisata kelas dunia,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin (9/1). Untuk itu, sasaran pertemuan ASEAN Tourism Forum (ATF) di Manado diharapkan dapat menghasilkan pengesahan kerja sama pariwisata ASEAN- India dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ASEAN-India Tourism Cooperation, kesepakatan mengenai Tourism Marketing Strategy 2011- 2015, sekaligus memperkenalkan destinasi pariwisata Indonesia, terutama Sulawesi Utara.

Pelaku industri itu terdiri dari 400 pembeli dan 900 penjual dari semua negara ASEAN. Diharapkan momentum itu dimanfaatkan untuk saling memperkuat antarsesama anggota ASEAN di tengah kondisi ekonomi global yang mengalami krisis.

”Manado sengaja dipilih sebagai lokasi untuk memperkenalkan sisi pariwisata Indonesia lainnya. Indonesia itu tidak hanya Bali atau Jakarta. Masih banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi turis mancanegara, dan Manado salah satunya,” papar Mari. Indonesia pernah menjadi tuan rumah konferensi ATF tahun 1986 di Bandung, Jawa Barat, serta di Jakarta dan Yogyakarta tahun 1991 dan 1996.

Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di Jakarta, lebih dari 73 juta wisatawan berkunjung ke kawasan ASEAN tahun 2010. Jumlah itu meningkat 11 persen dibandingkan dengan tahun 2009. Dari angka itu, sekitar 47 persen di antaranya merupakan perjalanan intra-ASEAN. ”Bagi Indonesia, kondisi itu menguntungkan. Tahun 2010, dari 7 juta wisman ke Indonesia, sebanyak 43 persen dari ASEAN,” ujarnya.

Mengawali rangkaian kegiatan ATF, ASEAN National Tourism Organisations Meeting Ke-35 diselenggarakan pada 8 Januari 2012. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan rutin enam bulan sekali pada tingkat pejabat senior. Pertemuan sebelumnya berlangsung di Luang Prabang, Laos, Juli 2011. (ENY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com