Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ATF Mantapkan Manado sebagai Kota MICE

Kompas.com - 11/01/2012, 06:05 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

MANADO, KOMPAS.com – Kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, sejak tahun 2010 telah dicanangkan sebagai salah satu dari 14 kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) oleh pemerintah. Mengawali tahun 2012, Manado kembali menggelar ajang MICE dalam skala besar, yaitu menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) yang berlangsung dari 8-16 Januari 2012.

“Kita promosi di lebih banyak tempat. Jangan hanya Bali. Manado punya potensi untuk lokasi MICE,”  kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu pada saat jamuan makan malam para delegasi ATF di Manado, Selasa (10/1/2012).

Mari menuturkan dalam ajang tahunan ATF tersebut juga berlangsung ATF TRAVEX yang merupakan pameran bursa wisata yang melibatkan industri pariwisata dari negara-negara ASEAN sebagai seller (penjual). Dari ASEAN sendiri, lanjut Mari, terdapat sekitar 400 penjual. Sedangkan dari pihak buyer (pembeli) ada sekitar 500 pembeli dari berbagai negara di dunia.

“Jadi ada hampir 1.000, ini paling besar selama penyelenggaraan TRAVEX,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Utara, Haefrey Sendoh menyebutkan kesiapan Manado sebagai kota MICE salah satunya dengan memiliki 2.600 kamar hotel berbintang mulai tiga sampai lima.

“Ini di luar hotel melati. Beberapa panitia dari luar malah menyebut hotel melati di Manado bisa dikategorikan sekualitas bintang 1,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Haefrey, sebagai tempat untuk exhibition atau pameran, Manado memiliki Grand Kawanua Convention Centre yang memiliki luas sekitar 4.500 meter persegi atau dapat menampung sekitar 500 stan berukuran tiga kali tiga.

“Kita juga ada Gedung SMESCO untuk skala kecil. Juga ada Manado Convention Centre yang pernah menjadi tempat pameran teknologi tepat guna di tahun 2008,” jelasnya.

Beberapa acara MICE dalam skala besar, tutur Haefrey, pernah diselenggarakan di Kota Manado. Sebut saja seperti World Ocean Conference, CTI Summit, dan Sail Bunaken di tahun 2009. Kemudian di tahun 2010, Manado menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara penghasil kelapa sawit se-Asia Pasifik.

“Yang terbesar itu World Ocean Conference. Lebih besar daripada ATF ini. Jumlah negara yang ikut lebih besar. Tahun 2010 juga menjadi tempat ASEAN Economic Ministers Meeting,” katanya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com