"Green Hotel" Bukan Sekadar Tanam Pohon

Kompas.com - 11/01/2012, 19:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com – Dalam ASEAN Tourism Forum (ATF) 2012 diumumkan peraih penghargaan ASEAN Green Hotel Recognition Award di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (11/1/2012). Sebelumnya, Indonesia telah menyeleksi hote-hotel berbintang berdasarkan nilai kelulusan tertentu yaitu skor minimal 6 untuk mendapatkan Green Hotel Award. Hasilnya terdapat 24 hotel berbintang yang masuk dalam seleksi ini.

Dari 24 hotel tersebut, kembali diseleksi 10 hotel yang mendapatkan penghargaan ASEAN Green Hotel Recognition Award 2012. Kesepuluh hotel Indonesia tersebut antara lain Matahari Beach Resort and Spa, Discovery Kartika Plaza Bali, The Hoiday Inn Batam, Angsana Bintan, Melia Benoa Bali, Losari Spa Retreat and Coffee Plantation, The St. Regis Bali Resort, Melia Bali Villa Spa Resort, The Dharmawangsa Jakarta, dan Gran Melia Hotel Jakarta.

“Di Indonesia masih ada kurangnya kepahaman terhadap green hotel. Mereka (industri pariwisata) pikir dengan menanam pohon sudah langsung berarti green hotel,” tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

ASEAN Green Award diselenggarakan dua tahun sekali sejak tahun 2008. Penilaian berupa prinsip-prinsip ramah lingkungan yang tertuang dalam ASEAN Green Hotel Standard. Di dalamnya tertuang kriteria utama seperti kebijakan dan aktivitas pro lingkungan untuk pengoperasian hotel, penggunaan produk ramah lingkungan, berkolaborasi dengan komunitas dan organisasi lokal.

Selain itu pengembangan sumber daya manusia, pengolahan limbah, efisiensi energi, efisiensi pemakaian air, manajemen kualitas udara, pengaturan polusi suara, manajemen dan penanganan air yang telah dipakai, manajemen penanganan pembuangan limbah kimia beracun.

Selain Indonesia, diumumkan pula pemenang dari masing-masing negara anggota ASEAN yaitu 1 hotel dari Brunei Darussalam, 10 hotel dari Kamboja, 8 hotel dari Laos, 10 hotel dari Malaysia, 10 hotel dari Myanmar, 2 hotel dari Filipina, 10 hotel dari Singapura, 10 hotel dari Thailand, dan 10 hotel dari Singapura. Total hotel yang meraih penghargaan ini mencapai 81 hotel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.