Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Green Hotel" Bukan Sekadar Tanam Pohon

Kompas.com - 11/01/2012, 19:07 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

MANADO, KOMPAS.com – Dalam ASEAN Tourism Forum (ATF) 2012 diumumkan peraih penghargaan ASEAN Green Hotel Recognition Award di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (11/1/2012). Sebelumnya, Indonesia telah menyeleksi hote-hotel berbintang berdasarkan nilai kelulusan tertentu yaitu skor minimal 6 untuk mendapatkan Green Hotel Award. Hasilnya terdapat 24 hotel berbintang yang masuk dalam seleksi ini.

Dari 24 hotel tersebut, kembali diseleksi 10 hotel yang mendapatkan penghargaan ASEAN Green Hotel Recognition Award 2012. Kesepuluh hotel Indonesia tersebut antara lain Matahari Beach Resort and Spa, Discovery Kartika Plaza Bali, The Hoiday Inn Batam, Angsana Bintan, Melia Benoa Bali, Losari Spa Retreat and Coffee Plantation, The St. Regis Bali Resort, Melia Bali Villa Spa Resort, The Dharmawangsa Jakarta, dan Gran Melia Hotel Jakarta.

“Di Indonesia masih ada kurangnya kepahaman terhadap green hotel. Mereka (industri pariwisata) pikir dengan menanam pohon sudah langsung berarti green hotel,” tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

ASEAN Green Award diselenggarakan dua tahun sekali sejak tahun 2008. Penilaian berupa prinsip-prinsip ramah lingkungan yang tertuang dalam ASEAN Green Hotel Standard. Di dalamnya tertuang kriteria utama seperti kebijakan dan aktivitas pro lingkungan untuk pengoperasian hotel, penggunaan produk ramah lingkungan, berkolaborasi dengan komunitas dan organisasi lokal.

Selain itu pengembangan sumber daya manusia, pengolahan limbah, efisiensi energi, efisiensi pemakaian air, manajemen kualitas udara, pengaturan polusi suara, manajemen dan penanganan air yang telah dipakai, manajemen penanganan pembuangan limbah kimia beracun.

Selain Indonesia, diumumkan pula pemenang dari masing-masing negara anggota ASEAN yaitu 1 hotel dari Brunei Darussalam, 10 hotel dari Kamboja, 8 hotel dari Laos, 10 hotel dari Malaysia, 10 hotel dari Myanmar, 2 hotel dari Filipina, 10 hotel dari Singapura, 10 hotel dari Thailand, dan 10 hotel dari Singapura. Total hotel yang meraih penghargaan ini mencapai 81 hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com