Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN-India Sepakat Kerja Sama Pariwisata

Kompas.com - 12/01/2012, 16:10 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

MANADO, KOMPAS.com -- ASEAN dan India menandatangani nota kesepahaman kerja sama bidang pariwisata, Kamis (12/1/2012) di Manado, Sulawesi Utara. Lewat kerja sama tersebut diharapkan arus kunjungan wisatawan dari India ke ASEAN dan sebaliknya, bisa ditingkatkan.

India menjadi pasar potensial karena populasi penduduknya besar serta pertumbuhan kelas menengah yang pesat di negara tersebut.

Kerja sama pariwisata antara ASEAN dan India berkembang signifikan dengan melihat kunjungan wisatawan India ke ASEAN pada tahun 2010 yang tercatat 2,44 juta orang. "Tahun lalu jumlah warga India yang berwisata ke luar negeri mencapai 20 juta orang," kata Menteri Pariwisata India Subodh Kant Sahai.

Pertumbuhan ekonomi yang tergolong stabil membuat daya beli masyarakatnya terus membaik. India menjadi pasar penting karena jumlah penduduknya sangat besar. "Wisatawan India senang berbelanja dan sebagain besar tujuannya untuk menghabiskan bulan madu," kata Menteri Pariwisata Malaysia Ng Yen Yen.

Tahun ini slogan yang dipilih untuk destinasi ASEAN adalah Southeast Asia Feel The Warmth. Anggaran untuk promosi selama setahun ini sebesar 200.000 dollar AS.

Melalui strategi tersebut, masing-masing negara anggota akan bertanggung jawab untuk mengembangkan produk dan daya tarik dengan menciptakan paket-paket wisata.

"Guna menarik wisatawan untuk berkunjung ke wilayah ASEAN diidentifikasi beberapa segmen pasar, seperti adventure tourism, creative travel, experiental travel, business related travel," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com