Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata ASEAN Masih Didominasi Turis Eropa

Kompas.com - 13/01/2012, 00:38 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

MANADO, KOMPAS.com – Turis Eropa masih merupakan pasar yang besar bagi pariwisata di kawasan ASEAN. Namun, pergerakan wisatawan di dalam kawasan ASEAN pun menunjukkan angka yang tinggi. “Sebesar 23 persen wisatawan yang berada di ASEAN berasal dari intra ASEAN,” tutur Wakil Presiden Boediono saat membuka ASEAN Tourism Forum (ATF) dan TRAVEX, di Manado, Kamis (12/1/2012).

Wapres mengatakan tahun 2011 merupakan tahun penuh perubahan politik dan ekonomi. Sedangkan di tahun 2009 ekonomi dunia memburuk dan negara-negara besar bergolak ekonominya. Sehingga, lanjutnya, masyarakat dunia pun mengharapkan perubahan untuk menghadapi pergolakan ini. Salah satunya perekonomian melalui pariwisata.

“Saat 2009 terjadi krisis global, pariwisata di ASEAN tidak mengalami penurunan, malah berkembang. Apa kita bisa melihat hasil yang sama di 2012? Bisa saja, ini semua berhubungan dengan menjaga jaringan,” tuturnya.

Wapres menyebutkan Eropa masih merupakan pasar terbesar, tetapi saat ini Eropa sedang kesusahan. Oleh karena itu, tambahnya, promosi bersama ASEAN merupakan hal yang paling penting. Untuk melakukan hal ini, kata Boediono, salah satunya adalah dengan menjaga konektivitas antar negara ASEAN dan harus menciptakan pergerakan orang-orang di ASEAN.

“Perlunya memfasilitasi pergerakan wisatawan di kawasan ASEAN, sehingga perlu koordinasi dengan beragam sektor dalam kawasan ASEAN. Dalam ASEAN Summit yang lalu, adanya komitmen bebas visa untuk masyarakat ASEAN yang melakukan perjalanan di dalam negara-negara ASEAN. Juga pembicaraan mengenai visa tunggal ASEAN,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com