Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manado Layak sebagai Pintu Gerbang Asia Pasifik

Kompas.com - 13/01/2012, 05:19 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

MANADO, KOMPAS.com – Konektivitas merupakan hal penting dalam pariwisata. Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, yang berbatasan dengan Filipina bisa menjadi pintu gerbang untuk masuk dan keluarnya wisatawan di kawasan ASEAN.
 
“Dalam hubungannya dengan konektivitas antar negara ASEAN, mohon pertimbangkan menjadikan Manado sebagai hub,” ungkap Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang pada pembukaan ASEAN Tourism Fair (ATF) 2012 dan TRAVEX di Manado, Kamis (12/1/2012).

Sementara itu, Wakil Presiden Boediono saat membuka ATF menyebutkan Manado bisa menjadi pintu gerbang bagi kawasan Asia Pasifik. Serta, lanjutnya, dapat menghubungkan ASEAN dengan negara-negara non-ASEAN.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu sempat mengomentari penerbangan yang harus ditempuh Sekjen UNWTO Taleb Rifai untuk datang ke Manado.

“Salah satu pembahasan pertemuan (ATF) adalah meningkatkan konektivitas. Sekjen UNWTO menempuh perjalanan dari Madrid ke Manado. Ia hanya perlu terbang dari Madrid, lalu ke Singapura, lanjut ke Manado. Dan nanti kembali pun melalui rute Manado-Singapura lalu Singapura langsung ke Madrid. Ini berarti sudah ada konektivitas antar ASEAN,” jelas Mari.

Sarundajang kembali menyebutkan bahwa beberapa acara nasional, regional, maupun internasional. Pada bulan Maret tahun lalu sebuah konferensi di Manado dibuka oleh Wakil Presiden Boediono.

“Lalu dilanjutkan event pertemuan Menteri Perekonomian se-ASEAN di tahun 2011 yang saat itu dihadiri Ibu Mari Elka sebagai Menteri Perdagangan. Saat ini, Sulawesi Utara kembali menjadi tuan rumah event internasional berskala besar yang dibuka Wapres (Boediono) dan dihadiri kembali oleh Ibu Mari Elka Pangestu, kali ini sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujarnya.

ATF merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN  sebagai sebuah destinasi wisata. Ajang tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Tahun 2012, ATF yang diselenggarakan merupakan ATF ke-31. Kali ini Indonesia bertindak sebagai tuan rumah dan mendatangkan 1600 delegasi dari berbagai negara. Acara berlangsung pada 8-15 Januari 2012. Pada ATF ini, diselenggarakan pula ATF TRAVEX berupa pameran dan bursa pariwisata yang menampilkan berbagai industri pariwisata di kawasan ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com