Slogan Wisata ASEAN: Southeast Asia Feel The Warmth

Kompas.com - 13/01/2012, 13:26 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

MANADO, KOMPAS.com - Tahun ini slogan yang dipilih untuk destinasi ASEAN adalah Southeast Asia Feel The Warmth. Anggaran untuk promosi selama setahun ini sebesar 200.000 dollar AS.

Melalui strategi tersebut, masing-masing negara anggota akan bertanggung jawab untuk mengembangkan produk dan daya tarik dengan menciptakan paket-paket wisata.

"Guna menarik wisatawan untuk berkunjung ke wilayah ASEAN diidentifikasi beberapa segmen pasar seperti adventure tourism,creative travel, experiental travel, business related travel," papar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu.

Dalam pertemuan ASEAN Tourism Forum di Manado, para menteri menyepakati pembentukan ASEAN Tourism Market Research Group. Tugas lembaga tersebut adalah menganalisis tren pemasaran, situasi dan masa depan pariwisata ASEAN.

Hasil riset akan dimanfaatkan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pemasaran bersama ASEAN di masa depan. Untuk memperbaiki kualitas pariwisata konektivitas baik aspek transportasi maupun komunikasi, tambah Mari.

Pemasaran pariwisata akan difokuskan pada negara mitra yakni China, Jepang, Korea, dan India. Secara khusus ASEAN juga menandatangani nota kesepahaman bidang pariwisata. India dan China menjadi pasar penting karena jumlah p enduduknya sangat besar.

"Wisatawan India hobi berbelanja dan sebagian besar tujuannya untuk menghabiskan bulan madu," kata Menteri Pariwisata Malaysia, Ng Yen Yen.

"Jumlah warga India yang berlibur keluar negeri tahun 2011 sebanyak 20 juta orang, China 57 juta orang, Korea 9,8 juta orang, dan Jepang 7,3 juta orang. Untuk Jepang terjadi penurunan sekitar 20 persen karena bencana tsunami. Tahun ini kemungkinan akan kembali pulih," kata Okuda Ken, Wakil Menteri Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang.  

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.