Gus Ipul: Konflik Sampang Sudah Selesai

Kompas.com - 14/01/2012, 17:42 WIB
EditorKistyarini

MALANG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul, menegaskan konflik pembakaran pesantren Syiah di Sampang, Madura, telah selesai dan sebagian besar pengungsi juga telah dipulangkan.

"Sudah selesai dan tidak ada masalah, dan untuk pengungsi yang diakibatkan dari konflik itu juga sudah kita pulangkan semua. Kini yang terpenting sudah tidak ada lagi pengungsi," ujar Gus Ipul ditemui usai menutup Muktamar ke XI Jamiyah Ahli Thoriqot Al Mu’tabarah Annadliyah di Pondok Pesantren Al Munawariyah, Kabupaten Malang, Sabtu (14/1/2012).

Dikatakan Gus Ipul, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pejabat di wilayah setempat, dan melakukan pendekatan persuasif dengan memberikan perlindungan kepada pengungsi, dan memulangkan secara cepat, sehingga konflik itu perlahan-lahan telah selesai.

Gus Ipul tidak menjelaskan secara rinci jumlah pengungsi yang telah dipulangkan, namun pihaknya menegaskan bahwa Sampang kini sudah dalam keadaan kondusif dan tidak terjadi konflik lagi. Sebelumnya, dalam penyelesaian konflik Sampang, Gus Ipul diutus oleh Gubernur Jatim Soekarwo untuk menyelesaikannya dengan koordinasi melalui pemkab setempat.

Soekarwo meminta agar Pemkab Sampang menyediakan tempat pengungsian sementara di GOR Sampang bagi 253 orang pengikut Syiah, usai insiden dengan kelompok Sunni.

Konflik tersebut bermula dari masalah pribadi antara pimpinan Islam Syiah Tajul Muluk dengan pimpinan kelompok Islam Sunni KH Rois yang berebut santri. Awalnya, terjadi di pesantren Misbahul Huda, Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, yang dikelola kelompok Syiah, kemudian diserang oleh sekelompok orang pada Kamis (29/12).

Dalam insiden itu, dilaporkan tiga rumah dan satu musala habis terbakar, namun tidak ada korban jiwa.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X