Didera Krisis, Berwisata ke Yunani Menjadi Murah

Kompas.com - 17/01/2012, 15:56 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com - Yunani, salah satu negara Eropa yang terkena krisis ekonomi global cukup parah memberi dampak pada pariwisata negara tersebut. Sebagian besar pelaku industri pariwisata negara tersebut terpaksa menurunkan harga.

Akibat turunnya harga mulai dari tarif kamar hotel sampai paket wisata, malah membuat Yunani menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan negara-negara Asia yang tidak terkena dampak krisis. Panos Kouros, dari Atoz Travel, sebuah biro perjalanan wisata dari Yunani, menuturkan terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Yunani sebesar 15 persen di tahun 2011 dibanding tahun 2010.

"Semua harga jadi lebih murah. Hotel menurunkan harganya, restoran, dan lainnya. Akibatnya turis datang ke Yunani karena mencari destinasi di Eropa yang bisa menawarkan harga yang kompetitif," tutur Kouros di sela-sela ASEAN Tourism Forum (ATF) TRAVEX, di Manado, Sulawesi Utara baru-baru ini. Ia hadir di ATF TRAVEX sebagai buyer (pembeli) dalam ajang bursa pariwisata tersebut.

Sementara itu, lanjutnya, karena krisis ekonomi, terjadi penurunan jumlah warga Yunani yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Biro perjalanan wisata yang ia kelola biasa menangani perjalanan wisata warga Yunani yang ingin pelesir ke luar negeri, terutama ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

"Penurunan sampai 45 persen dalam dua tahun belakangan ini. Saya sudah tidak bisa menyasar orang-orang di kelas menengah, karena mereka sudah turun menjadi kelas bawah. Tinggal tersisa kelas atas. Sedikit tapi tetap ada yang pergi ke luar negeri," jelasnya.

Para turis Yunani yang pelesir ke luar negeri ini, lanjut Kouros, masih ada karena mereka tetap memerlukan liburan. Apalagi, di saat krisis ekonomi, mereka merasa perlu keluar dari negaranya untuk mendapatkan suasana yang lebih menyegarkan dan perasaan optimis bahwa keadaan akan kembali seperti semula.

"Di Yunani saat ini, banyak orang secara psikologis merasa pesimis dan seperti tidak ada semangat. Ini tidak baik, berwisata ke luar agar melepas stres dan kembali ke negara dengan perasaan lebih semangat," katanya.

Bali menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi orang Yunani. Di kala krisis ekonomi, Bali dipandang sebagai destinasi wisata dengan harga yang masih terjangkau.

"Lima malam di Bali, sudah termasuk penerbangan, hotel, dan transportasi, itu masih lebih murah dibanding tiga malam di Praha, Ceko. Padahal secara jarak lebih dekat," ungkap Kouros.

Orang Yunani, katanya, mencari destinasi-destinasi wisata yang eksotis dengan budaya yang kuat dan laut yang biru. Sehingga, tambahnya, Bali dapat menawarkan hal tersebut kepada orang Yunani. Menurutnya, Indonesia dan Yunani memiliki beberapa kesamaan. Kedua negara tersebut sama-sama merupakan negara kepulauan dan memiliki sejarah serta budaya yang kuat.

"Sampai saat ini permintaan ke Bali paling banyak adalah honeymoon. Saya punya paket-paket honeymoon di Bali. Bali terkenal di kalangan orang Yunani. Banyak yang bermimpi untuk bisa datang ke Bali," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.