Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tds 2012 Melibatkan 14 Kabupaten dan Kota

Kompas.com - 19/01/2012, 22:08 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Jumlah kabupaten/kota yang terlibat di Tour de Singkarak (TdS) 2012 bertambah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Pesisir Selatan. Sebelumnya, di TdS 2011 hanya melibatkan 12 kabupaten/kota. Sementara di TdS 2012 melibatkan 14 kabupaten/kota.

“Tahun ini Sijunjung masuk ke dalam rute etape. Sijunjung baik secara anggaran dan fasilitas lainnya siap. Tergantung dari ketetapan dari panitia apakah Sijunjung hanya dilewati atau finish atau ada kegiatan di sana,” kata Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada jumpa pers TdS 2012 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (18/1/2012).

Yuswir menuturkan beberapa potensi wisata di Sinjunjung berhubungan dengan wisata alam. Salah satu yang terkenal adalah aktivitas arung jeram di Sungai Batang Kuantan.“Sekitar sungai pemandangannya masih asri, dengan 2 ngalau dan 3 air terjun. Kami mau kembangkan paket wisata alam di kawasan itu,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Yuswir, terdapat lokasi bersejarah di Sinjunjung yang pernah dilewati utusan dari Kerajaan Johor saat hendak ke Paguruyung. Masalah akomodasi, Yuswir mengatakan di Sijunjung terdapat hotel bintang 3. “Kami ada hotel-hotel melati. Total kamar kami punya 220-an kamar,” jelasnya.

Sementara itu, Kabupaten Pesisir Selatan menjadi salah satu kabupaten yang dilewati pada TdS 2012. Menurut Wakil Bupati Pesisir Selatan, Editiawarman, TdS 2012 akan dipersandingkan dengan festival tahunan Pesisir Selatan bertajuk Langkisau.

“Ini event tahunan yang sudah berlangsung selama 10 tahun. Dalam event ini dikenal dengan event paralayang nasional, belakangan diikuti oleh Selandia Baru dan Belanda. Juga ada event lomba mancing secara nasional, renang antar pulau dan lomba dayung. Juga ada festival kesenian rakyat khusus Pesisir Selatan,” jelas Editiawarman.

Nantinya, kata Editiawarman, rute yang dilewati para pebalap sepeda akan menampilkan panorama pantai di sebelah kanan, sementara sebelah kiri berupa pemandangan gunung. Ia mengatakan obyek wisata di Pesisir Selatan di antaranya Kawasan Wisata Mandeh yang terdapat Cubadak Resort.

“Di sini suasana pantai dan laut, bentuknya teluk. Berapa pun besar ombaknya tidak masalah,” kata Editiawarman.

Di Pesisir Selatan, tambahnya, juga terdapat jembatan akar. Ia mengklaim bahwa jembatan akar tersebut merupakan satu-satunya di dunia. “Jembatan ini buatan manusia dari akar pohon beringin. Di Pesisir Selatan juga ada Pulau Penyu,” ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com