Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Padang Bai Tutup, Truk Pengangkut Makanan Rugi

Kompas.com - 27/01/2012, 17:36 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com - Cuaca buruk yang melanda Selat Lombok hingga Jumat (27/1/2012) membuat pihak pengelola pelabuhan Padang Bai, Karangasem, Bali tidak mau ambil risiko. Pengelola pelabuhan Padang Bai masih menutup jalur penyeberangan yang menghubungkan Padang Bai-Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Akibat aktivitas pelabuhan lumpuh total, ratusan kendaraan kini terpaksa mengantre di dalam hingga 6 kilometer di luar pelabuhan. Penutupan yang telah berlangsung selama 2 hari ini berdampak pada rusaknya barang angkutan sejumlah truk yang akan menyeberang ke Lombok.

Setyanto, salah seorang sopir yang membawa sayur-sayuran mengaku merugi puluhan juta rupiah akibat barang bawaannya rusak dan kemungkinan besar tidak bisa dipasarkan lagi. "Mau ke Sumbawa, bawa sayuran. Hancur pak, rugi sekitar Rp 60 juta," ujar Setyanto.

"Sudah 4 hari disini, ya mau bagaimana lagi, keadaannya seperti ini," imbuh Setyanto pasrah.

Seperti diberitakan, aktivitas pelabuhan Padang Bai sejak Selasa (24/1/2012) lalu terganggu akibat ketinggian gelombang yang mencapai 5 meter. Sebelumnya pihak pengelola pelabuhan memberlakukan sistem buka tutup, namun sejak Kamis (26/1/2012) pagi kemarin, pelabuhan ditutup total karena tidak memungkinkan untuk melakukan penyeberangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com